SD JUARA CILEGON TARGETKAN MINIMAL SISWA HAPAL 1 JUZ AL-QUR’AN

RZ LDKO CilegonCILEGON. Pada hari Jum’at (27/11) lalu, siswa-siswi kelas 1 SD Juara Cilegon sedang mengikuti pelajaran Qiroati. Pada kesempatan kali ini, guru bersama siswa mempersiapkan ujian praktek Qiroati yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Dalam ujian praktek qiroati nanti, yang akan diujikan adalah siswa akan mengaji sesuai dengan jilidnya masing-masing, dan hapalan surat pendek.

Untuk siswa kelas 1 harus menghapalkan Al-Qur’an Surat Al-Fatihah, An-Nas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Lahab, An-Nasr, Al-Kafirun, dan Al-Kautsar. Sedangkan siswa kelas 2 harus menghapalkan Al-Qur’an Surat Al-Qoriah, Al-Adiyat, Al-Bayinah, Al-Zalzalah, dan Al-Qadr.

“Dalam ujian praktek Qiroati ini kami memang meminta siswa untuk menghapalkan surat-surat pendek yang terdapat dalam Al-Qur’an Juz ke-30. Karena sesuai dengan target kami, ketika anak-anak lulus dari SD Juara Cilegon, mereka sudah hapal minimal 1 Juz yaitu Juz ke-30,” ungkap Susanto, Kepala Sekolah SD Juara Cilegon.

Oleh karena itu pada kesempatan KBM Qiroati kali ini, guru mencoba mereview bersama-sama dengan siswa, hapalan surat-surat yang akan diujikan pada ujian praktek di semester ganjil ini. Sambil mereview bersama-sama, guru juga menilai mengenai pengucapan atau pelafalannya, panjang pendeknya bacaan, dan lain-lain.

“Untuk yang sudah hapal, ibu minta tetap latihan di rumah, dibaca lagi dengan benar panjang pendeknya, dan untuk siswa yang belum hapal, tolong di rumah dihapalkan lagi dengan orang tuanya,” pesan Yani Herdianti selaku guru qiroati, kepada anak-anak sebelum pembelajaran ditutup.***

Newsroom/Susanto
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi