SD JUARA CIMAHI TANAMKAN CINTA AL-QURAN BAGI PARA SISWANYA

RZ LDKO CilegonCIMAHI. (30/07). Setiap pagi siswa SD Juara Cimahi begitu sangat antusias sekali, terlihat dari betapa cerianya mereka untuk mengikuti mata pelajaran pertama, yaitu TTQ (tilawah dan tahfidz Alquran). Mata pelajaran ini merupakan salah satu program sekolah yang menjadi unggulan.

Setiap pagi terlihat siswa membentuk kelompok atau lingkaran-lingkaran kecil di sekolah. Kelompok tersebut tersebar di seluruh sekolah, dari mulai, mesjid, selasar, kelas-kelas, sampai perpustakaan tergantung tempat yang disepakati. Para pengajar alias ustadz dan ustadzahnya pun tentu saja sangat berkompeten di bidangnya karena telah mengikuti sertifikasi Metode Pembelajaran UMMI, bahkan ada yang sudah menjadi hafidz dan hafidzoh.

Pembelajran TTQ di SD Juara Cimahi terbagi menjadi beberapa level yaitu, jilid UMMI akselerasi 1, 2, 3, Al-Qur’an-Tajwid, dan Al-Qur’an-Ghorib, sehingga jika di total ada 5 level, level tersebut menentukan sejauh mana kualitas bacaan siswa SD juara Cimahi, dan tidak menutup kemungkinan kelas bawah (1,2,3) yang memiliki kemampuan TTQ yang baik bisa mencapai level tertingi.

Tidak hanya pencapaian perbaikan qualitas bacaan saja yang menjadi target, ada target lainnya yang tidak kalah penting di setiap level yaitu taget Hafalan juz 30, di setiap level siswa diberikan taget hafalan yang harus dicapai, agar bisa lulus di setiap jenjangnya siswa harus mengikuti Ujian kenaikan jilid.

Adapun ujiannya meliputi ujian membaca jilid yang sedang ditempuh dan ujian target hafalan jika siswa lulus dalam dua hal tersebut siswa bisa naik ke jilid selanjutnya. Sebagai tambahan, bahwa sebagai salah satu syarat kelulusan adalah setiap siswa harus hafal minimal juz 30 dan pada akhir kelas 6 biasanya dijadikan momentum untuk uji publik dan wisuda tahfidz juz 30.

Berawal dari program unggulan inilah siswa-siswi yang berprestasi dalam bidang alquran dapat mengikuti perlombaan-perlombaan dan tidak jarang SD Juara cimahi menjadi pemenang lomba tersebut.

Rika Ulfiati selaku Koordinator TTQ SD Juara Cimahi berharap mudah-mudahan siswa/i SD Juara Cimahi bisa membaca Alquran dengan tartil dan menjadikannya sebagai kebutuhan bukan hanya rutinitas saja.

“Mudah-mudahan juga para siswa/i SD Juara Cimahi dapat menjadi hafidz/hafidzoh sehingga dapat memberikan mahkota kebanggaan di Syurga kelak untuk para orang tuanya,” pungkas Rika.***

Newsroom/Lailatul Istiqomah
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi