SD JUARA PEKANBARU AJARKAN SISWA URUSI JENAZAH

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. SD Juara Pekanbaru binaan RZ (Rumah Zakat) mengajarkan siswanya dengan materi praktikum penyelenggaraan jenazah. Praktikum ini diadakan dengan tujuan agar siswa memiliki kemampuan dalam mengahadapi dan mengurusi orang yang meninggal.

Praktikum penyelenggaraan jenazah ini merupakan bagian dari mata pelajaran agama yang diadakan setiap sepekan sekali, yaitu setiap Kamis. Dalam kehidupan bermasyarakat yang beragama islam, mengurusi jenazah merupakan fardhu kifayah, sebuah aktivitas yang wajib dilakukan, namun bila sudah dilakukan oleh muslim yang lain maka kewajiban ini menjadi gugur.

“Metode pembelajaran dengan praktek langsung atau learning by doing ini bermanfaat besar untuk menanamkan pemahaman kepada para siswa. Kegiatan ini akan menjadi long time memory bagi mereka dan sangat berguna saat nanti terjun di masyarakat,” papar Suriksodi Saputra, Kepala SD Juara Pekanbaru, Kamis (3/12).

Praktikum diawali dengan menonton video, tujuannya agar tahu teorinya terlebih dahulu lalu bisa langsung dipraktekkan. Prosesnya terdiri dari memandikan, mengkafani, menyolatkan lalu terakhir dilanjutkan ke proses menguburkan jenazah.

“Untuk jenazahnya sendiri kami menggunakan boneka mainan yang sudah disiapkan menjadi salah satu bahan dasar praktikum. Senang bisa mendapatkan praktikum ini, jadi lebih mengetahui akan proses penyelanggaraan jenazah dan mendapat banyak ilmu,” ujar Muhammad Gaza, Siswa kelas VI.***

Newsroom/Suriksodi Saputro
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi