SD JUARA PEKANBARU PERINGATI HARI PAHLAWAN DENGAN AKSI TEATRIKAL

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, SD Juara Pekanbaru binaan RZ (Rumah Zakat) melakukan aksi teatrikal di depan kediaman Gubernur, Jl. Dipenogoro, Kota Pekanbaru, Selasa (10/11). Sebanyak 47 siswa turun ke jalan meramaikan aksi tetarikal tersebut demi menanamkan jiwa patriotisme dan cinta tanah air.

Selain aksi teatrikal, para siswa juga memajang atribut seperti spanduk dan poster di sepanjang jalan. Sebelumnya, para siswa melaksanakan upacara hari pahlawan terlebih dahulu di SD juara Pekanbaru. Setelah itu baru mereka bergerak menuju Tugu Pahlawan.

Dalam kegiatan ini, para peserta didik diwajibkan menggunakan pakaian tempo dulu ala pejuang dan rakyat jelata yang terjajah. Hal ini dimaksudkan untuk menyadarkan kembali akan perjuangan para pahlawan dalam menentang penjajahan di kala itu.

“Dengan aksi ini, kita ingin mengajak warga Pekanbaru khususnya dan terlebih lagi bagi peserta didik untuk meresapi momen 10 November dalam bentuk aksi nyata. Semoga ini menjadi long term memori bagi mereka, sehingga mau meneladani perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia,” papar Muhammad Bayu, Guru SD Juara Pekanbaru, Selasa (10/11).

Selain di Pekanbaru, peringatan hari pahlawan juga dilakukan di SD Juara Medan. Para peserta didik memperingatinya dalam bentuk pawai dengan mengenakan kostum pahlawan serta sambil menyanyikan lagu-lagu nasional.

“Sebelumnya, para peserta didik juga melakukan upacara hari pahlawan terlebih dahulu, dilanjutkan dengan solat Dhuha, baru melakukan pawai. Setelah itu berakhir dengan orasi dari Sahidan Gayo, Kepala Sekolah Juara Medan di kawasan Universitas Gajah Mada (UGM), tentang mengenang perjuangan membebaskan tanah air dari cengkraman penjajah,” tutur Efriani Caniago, Person In Charge SD Juara Pekanbaru.

Newsroom/Rena

Tags :
Konfirmasi Donasi