“SEBELUMNYA ENGGAK ADA YANG MELIRIK KAMI”

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. Mengurai cerita pemberdayaan memang tak akan ada habisnya. Cerita demi cerita yang hadir di setiap wilayah tentu berbeda rupa. Kondisi budaya, demograi daerah, pun kondisi adat serta kebiasaan masyarakatlah yang akhirnya menentukan bagaimana cerita itu harus dimulai.

Adalah Banjar Serasan, salah satu kecamatan di Pontianak Timur yang sejak tahun 2009 telah menjadi wilayah binaan RZ (Rumah Zakat). Daerah yang terletak di tepian Sungai Kapuas tersebut mempunyai karakteristik yang unik. Dengan bahasa Melayu yang kental, mereka cukup responsif terhadap segala program pemberdayaan yang ditawarkan RZ.

“Awalnya kami hadir di tepi Sungai Kapuas dengan pelayanan kesehatan menggunakan mobil klinik keliling,” ujar Asrul Putra Nanda, Branch Manager RZ Pontianak.

Bersama mobil klinik Indosat, RZ bisa dibilang menjadi angin segar bagi warga di tepian Sungai Kapuas. Setiap bulan warga mendapat pemeriksaan serta pengobatan gratis dari RZ. Banyak balita maupun lansia yang kemudian menjadi pasien tetap RZ setiap bulan. Perlahan penyuluhan-penyuluhan tentang (PHBS) Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pun dikenalkan kepada mereka. Posyandu bagi balita dan lansia juga rutin dilaksanakan. Selain itu, RZ juga bekerja sama dengan tiga bidan di wilayah Integrated Community Development (ICD) Banjar Serasan untuk memberikan Layanan Bersalin Gratis (LBG).

“Sebelumnya, ada petugas yang terlebih dahulu mendata ibu hamil yang siap melahirkan, untuk kemudian kami fasilitasi pemeriksaan dan segala proses melahirkan bagi mereka,” ungkap Erwin, penanggung jawab program kesehatan RZ Pontianak.Setelah melahirkan, pemantauan secara intens juga tetap dilakukan untuk memastikan pertumbuhan sang bayi melalui penimbangan atau posyandu balita. Bahkan ada seorang balita yang awalnya berada di bawah garis merah menurut KMS (Kartu Menuju Sehat), tapi setelah mendapat pemantauan intens dari RZ sekarang ia sudah normal dan sehat kembali.

Ahmad, nama bayi tersebut sudah tidak berada pada tahap rawan atau garis merah. Ia bisa mengejar ketertinggalannya dengan melampaui garis merah tersebut melalui pemeriksaan dan pemantaun dari RZ.***

Sumber : RZ Magz Edisi September 2015

Tags :
Konfirmasi Donasi