SEDEKAH SAMPAH LAHIRKAN WARUNG BERDAYA DI SAMADIKUN SELATAN

CIREBON. Kamis, (21/08) bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional, Rumah Zakat melaunching Warung berdaya di RW 10 Samadikun Selatan Kelurahan Kesenden Kecamatan Kejaksan Kota Cirebon, wilayah ini juga termasuk Desa Berdaya Rumah Zakat.

Warung Berdaya merupakan salahsatu pengembangan dari program Sedekah Sampah yang telah berjalan sejak pertengahan tahun 2018 di RW 10 Samadikun Selatan. Selama 7 bulan berjalan terkumpul sampah plastik sejumlah 1.257kg dengan rata-rat perbulan 179kg dari 131 anggota. Sedekah Sampah sendiri merupakan program pengelolaan sampah berbasis masyarakat dan mengikhlaskan hasil panen sampah untuk keperluan kegiatan kesehatan/sosial.

Warung berdaya dihadirkan dengan tujuan pertama terbentuknya wadah kegiatan perekonomian yang diinisiasi dari sedekah sampah, kedua masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan, tumbuhnya budaya mengelola, ketiga masyarakat lebih berdaya dan mandiri dengan memanfaatkan sampah tersebut.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 diawali dengan pembukaan dan tilawah serta sambutan dan arahan dari bapak Camat Kejaksan, bapak Lurah Kesenden, bapak kasi pengurangan sampah DLH kota Cirebon serta Branch Manager Rumah Zakat Cirebon. Dilanjutkan simbolis launching program, serta penyerahan apresiasi kepada anggota
terbaik.

“Warung Berdaya ini merupakan inovasi pengembangan program Sedekah Sampah yang telah berjalan di wilayah binaan Rumah Zakat, besar harapan kami dari Rumah Zakat agar masyarakat lebih berdaya untuk bisa lebih sejahtera” ujar Iman Handiman, Branch Manager Rumah Zakat Cirebon.

Newsroom
Asih Dwi/ Lailatul Istikhomah

Tags :
Konfirmasi Donasi