SEDEKAH SAMPAH SEBAGAI SOLUSI PENGELOLAAN SAMPAH

RZ LDKO CilegonCILEGON. (04/10). Sampah memberikan 2 (dua) dampak bagi kehidupan manusia, yaitu dampak positif dan negatif. Jika sampah dikelola dengan baik, maka akan memberikan dampak positif. Begitupun sebaliknya, sampah yang tidak dikelola memberikan dampak negatif bagi kita, terutama penyebab timbulnya penyakit.

Tak jarang kita temui, sebagian besar masyarakat membuang sampah sembarangan, sehingga hal tersebut dapat mencemari lingkungan dan merusak ekosistem mahluk hidup lainnya.

Atas permasalah tersebut, RZ sebagai lembaga pemerhati lingkungan meluncurkan Program Sedekah Sampah yang menjadi salah satu solusi pengelolaan sampah berbasis masyarakat melalui pendekatan kesehatan dan agama. Sebagaimana sedekah harta akan berpahala, begitu pun sedekah sampah.

Posyandu Rajawali RT/RW 01/06 Kecamatan Citangkil, Cilegon telah menerapkan program sedekah sampah. Prosedur program ini cukuplah mudah, masyarakat diminta untuk melakukan pemilahan sampah di rumahnya dan menyedekahkannya saat berkunjung ke posyandu.

“Sampah kering dan bisa didaur ulang akan dimanfaatkan kembali untuk kerajinan tangan. Sedangkan sampah basah akan dijadikan sebagai pupuk tanaman nantinya,” tutur Erip Saeful selaku Community Deevelopment RZ.***

Newsroom/Cita Sehat Foundation
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi