SEMANGAT PENGABDIAN RELAWAN BANGUN PEMBERDAYAAN

Oleh:

Virda Dimas Ekaputra

CEO Rumah Zakat Indonesia

Tidak jarang kita mendengar, bahwa majunya suatu bangsa itu karena pemudanya dan hancurnya suatu bangsa itu juga karena pemuda. Melalui tangan pemuda juga kelak estafet kepemimpinan negeri ini akan diturunkan. Karena sebagai aset bangsa, pemuda berperan sebagai instrumen perubahan dalam memberdayakan masyarakat serta menjadi kontributor perubahan, perbaikan dan penguasaan.

RZI sadar betul akan peran pemuda terutama dalam hubungannya sebagai pengabdi yang tanpa pamrih membantu masyarakat. Di saat terjadi bencana alam misalnya maka jiwa kerelawanan pemuda menjadi faktor terpenting. Karena itu melalui satu dari 4 rumpun program utama  yaitu YouthCare (kepemudaan), RZI mewadahi berbagai program pemberdayaan skill bagi pemuda atau umum disebut relawan RZI. Melalui pembinaan dan jejaring 1241 relawan RZI yang tersebar di seluruh tanah air, diharapkan akan tercipta peran aktif masyarakat untuk membangun kebersamaan. Melalui semangat pengabdian yang tinggi, hingga saat ini relawan RZI telah membantu berbagai program pemberdayaan di 208 wilayah binaan terpadu (ICD) serta evakuasi bencana di sejumlah wilayah di Indonesia. Berbekal satu tekad kuat “Tetap Semangat Bahagiakan Umat”, relawan RZI selalu siap terjun dimanapun dan kapanpun.

PENGEMBANGAN DAN PELATIHAN RELAWAN

Saat ini divisi YouthCare RZI memayungi beberapa program utama seperti Kampus Relawan yang dijadikan  sebagai wahana pelatihan wawasan serta ketrampilan bagi para relawan yang didirikan di setiap kantor cabang guna meningkatan kapasitas serta mengekspresikan potensi relawan. Selain itu para relawan RZI juga mendapatkan pelatihan Pemberdayaan dan Pendampingan Masyarakat, dimana relawan bekerjasama dengan Mustahik Relation Officer (MRO) mengambil peran sebagai tenaga pendamping fasilitator, dinamisator dan pemberdayaan di masyarakat, khususnya wilayah ICD.

RZI juga memiliki Youth Development Centre (YDC) sebagai balai latihan ketrampilan kerja bagi kalangan pemuda. Di YDC inilah para relawan dibina untuk menjadi mandiri dan mampu berwirausaha, sehingga mampu menciptakan lapangan kerja baru. Selain itu relawan RZI juga mendapat pelatihan Emergency Rescue Team (ERT) sebuah pelatihan tanggap bencana agar relawan siap diterjunkan kapanpun untuk memberikan pertolongan ketika bencana tiba. Tahun ini RZI juga akan mengembangkan 64 buah ICD Centre, mengokohkan 320 relawan pendamping di 23 Kampus Relawan dan menguatkan pelatihan keberdayaan di 64 titik kegiatan Youth Development Centre ( YDC). Kampus Relawan juga akan dijadikan leading sector bagi seluruh skema pelatihan untuk MRO, relawan dan mustahik dalam bentuk pelatihan keberdayaan yang diharapkan dapat menjadi elemen pendukung dan pendorong bagi pencapaian target metamorfosis 1.300 mustahik sejahtera.

REVITALISASI DAN REFOCUSING YDC

Dalam meningkatkan kapasitas relawan, pengembangan potensi dilakukan di seluruh cabang RZI dengan pola kerjasama bersama lembaga pelatihan dan Balai Latihan Kerja (BLK), sehingga di setiap kota mulai tumbuh relawan-relawan dan pemuda ICD produktif. YDC bertanggung jawab terhadap penguatan skill dan kompetensi usaha pemuda baik relawan dan pemuda ICD yang menjadi peserta pemberdayaan di YDC. Melalui program ini diharapkan pemberdayaan produktif dapat menjalin kemitraan dengan stakeholder dunia usaha sehingga proses penguatan YDC dapat inline dengan penguatan dan penetrasi market dan jaringan.

Tahun ini ditargetkan akan dibuka 6 Gerai Usaha Mandiri di kota Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan dan Batam yang akan dijadikan display dan menampung hasil produksi di YDC dan peserta Program Metamorfosis 1.300 Mustahik Sejahtera yang telah dibina sejak tahun 2008 lalu.

 

Tags :
Konfirmasi Donasi