SEMANGAT PENGABDIAN TEROBOS PEDALAMAN

Oleh :

Virda Dimas Ekaputra

CEO Rumah Zakat Indonesia

Sejak awal berdiri yakni di tahun 1998, Rumah Zakat Indonesia yang dulu bernama Dompet Sosial Ummul Quro (DSUQ) telah memiliki komitmen untuk menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin (mustahik) serta mereka yang tertimpa bencana. Dengan perlengkapan yang masih seadanya, saat itu Rumah Zakat Indonesia terus berupaya membantu sesama di berbagai daerah.

Pada tahun 2001, Rumah Zakat Indonesia memiliki ambulance yang dimanfaatkan untuk membantu warga hingga ke daerah-daerah terpencil. Lalu di akhir tahun 2005, Rumah Zakat Indonesia menerima amanah sebuah mobil klinik dari Al Maktom untuk membantu korban Tsunami di Aceh. Jumlah ambulance, mobil jenazah, dan mobil klinik yang dititipkan kepada Rumah Zakat Indonesia pun semakin bertambah setiap tahun.

Siaga Sehat

Bakti Sosial Siaga Sehat adalah program layanan kesehatan yang dijalankan oleh Rumah Zakat Indonesia untuk memberikan bantuan tingkat pertama kepada warga kurang mampu baik dari aspek promotif, preventif, maupun kuratif. Sehingga bentuk dari Siaga Sehat tak hanya bersifat mengobati tapi juga dengan memberikan penyuluhan agar masyarakat tahu bagaimana cara menjaga kesehatan.

Pelaksanaan Siaga Sehat diselenggarakan di wilayah Integrated Community Development (ICD) Rumah Zakat Indonesia dan daerah-daerah bencana yang tersebar di Indonesia. Adapun tim dari Siaga Sehat yang selalu ikut serta dalam membantu masyarakat terdiri dari dokter, perawat, apoteker, relawan, dan driver.

Car Unit

Untuk membantu masyarakat terutama yang berada di daerah pedalaman, tim Siaga Sehat Rumah Zakat Indonesia memerlukan sebuah fasilitas yang menampun SDM serta berbagai perlengkapan. Oleh sebab itulah disediakan Car Unit yang terdiri dari ambulance, mobil jenazah, dan mobil klinik.

Saat ini Rumah Zakat Indonesia mempunyai 31 mobil jenazah dan ambulance, serta 14 mobil klinik yang tersebar di 25 kota di Indonesia. Hal tersebut membuat Rumah Zakat Indonesia semakin berdaya dalam menjangkau masyarakat yang membutuhkan pertolongan hingga ke segala penjuru nusantara dari Aceh hingga Papua melalui berbagai program seperti Siaga Sehat, Siaga Gizi Nusantara, Siaga Bencana, Pemberian Makanan Tambahan (PMT), dan penyuluhan kesehatan.

Jangkauan Semakin Luas

Tahun ini mobil klinik telah sampai ke Jayapura, Pontianak, dan Bandar Lampung, setelah sebelumnya menjangkau Banjarmasin dan Makassar. Berbagai aksi mulai pelayanan hingga penyuluhan kesehatan telah diberikan oleh Rumah Zakat Indonesia untuk membantu sesama.

Contohnya seperti yang dilakukan Rumah Zakat Indonesia Cabang Jayapura pada akhir Februari 2009. Dengan menggunakan mobil klinik, tim Siaga Sehat memberikan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan, pengobatan, Posyandu, PMT, pemeriksaan kehamilan, USG, dan penyuluhan kesehatan tentang ASI Eksklusif.

Hal serupa dilakukan oleh Rumah Zakat Indonesia Cabang Pontianak di awal Februari 2009. Saat itu mereka mengadakan aksi Siaga Sehat di Kel. Siantan Hilir Kec. Pontianak Utara Kota Pontianak. Sebanyak 95 pasien berhasil ditangani di sana. Untuk menghampiri daerah tersebut, tim Siaga perlu sedikit bekerja keras. Sebab kontur tanah bergambut, serta ribuan sampah membuat mobil klinik kesulitan untuk menuju lokasi pengobatan.

Masih banyak aksi Rumah Zakat Indonesia dalam melayani umat hingga ke pelosok nusantara. Rumah Zakat Indonesia selalu terbuka kepada seluruh masyarakat yang ingin bersinergi dan berpartisipasi untuk memberikan pertolongan kepada mereka yang membutuhkan uluran tangan. Sebab salah satu kunci terwujudnya pemberdayaan adalah apabila kesehatan tak lagi menjadi problematika yang menghalangi manusia dalam berkarya.#

 

Tags :
Konfirmasi Donasi