SENANGNYA PETANI DI DESA BERDAYA, BISA PANEN DI TENGAH PANDEMI

Meskipun dalam situasi pandemi, namun petani di Desa Berdaya Dokulamo bisa tetap panen tomat dan cabai. (Foto: Rumah Zakat)

KAB. HALMAHERA UTARA, RUMAH ZAKAT – Wabah Covid-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir. Hal ini tentu menimbulkan keresahan di masyarakat.

Beruntung salah satu Desa Berdaya binaan Rumah Zakat yang masuk kategori zona hijau masih bisa melakukan kegiatan panen. Seperti yang dilakukan oleh Kelompok Tani Desa Berdaya Dokulamo, Kecamatan Galela Barat.

Kamis (09/7) adalah jadwal panen tomat dan cabe kriting. Adapun total panen yang dihasilkan meliputi cabe 25 kg dan tomat 155 kg.

(Foto: Rumah Zakat)

Tomat dan cabe kriting hasil panen langsung diambil oleh para pembeli di kebun Rumah Zakat. Masih stabilnya harga pasar di tengah pandemi Covid-19, membuat petani semakin bersemangat karena mereka mendapatkan keuntungan.

Tini salah satu Penerima Manfaat (PM) bersyukur bisa panen dengan hasil yang memuaskan. Karena dengan hasil panen tersebut, dirinya bisa menambah penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

“Ketahanan pangan bisa menjadi masalah yang urgen di era pasca pendemic covid 19,” ujar Arman Hakim dosen manajem bisnis ITS surabaya

“Petani kitalah yang ujung tombak ketanahan pangan nasional,” tambahnya.

Newsroom

Usman Dsau/Rumah Zakat

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia