SERUNYA BELAJAR ILMU KEPERAWATAN BERSAMA MAHASISWA PSIK UR

RZ LDKO CilegonPEKANBARU. Pada hari Selasa (15/09) lalu, para siswa SD Juara Pekanbaru berkesempatan untuk mengikuti Pelatihan Petugas Kesehatan Sekolah Tingkat Sekolah Dasar oleh guru tamu dari Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Riau (PSIK UR). Sebanyak 30 siswa turut dalam acara yang dimulai pada pukul 10.05 WIB hingga 12.00 WIB ini di ruang kelas SD Juara Pekanbaru.

Dosen PSIK UR yang turut merancang kegiatan ini yaitu; Ibu Oswati Hasanah,M. Kep,Sp.Kep.An dan Ibu Riri Novayelinda,MN kemudian Mahasiswa PSIK yaitu; Ns, Syafrida Hanum,S.Kep, Ns.Tri sasmi Irva, S.Kep, Ns.Dina safitri, S.Kep.

Agenda ini dimulai dengan kegiatan perkenalan kemudian dilanjutkan dengan penjelasan tentang cara-cara memberikan pertolongan pada orang yang sakit, misalnya: mimisan, kecelakaan: luka pada kepala, luka pada lengan, dan mengatasi orang yang sedang pingsan. Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menginformasikan ilmu kepada Peserta Didik agar bisa menjadi Petugas Kesehatan Sekolah.

Para siswa juara tampak begitu antusias saat mereka mendapat kesempatan untuk langsung mempraktekkan cara membalut luka pada kepala dengan menggunakan kain Mitela, kemudian membuat balutan untuk kecelakaan yang terjadi pada lengan.

Salah satu metode yang diajarkan yaitu: R.I.C.E (Rest, Ice, Compression, dan Elevation) yang digunakan pada korban kecelakaan untuk menangani bengkak yang timbul pada tubuh agar tidak menyebar menjadi lebih parah.

Metode ini dapat dijelaskan secara singkat; Rest, berarti korban diistirahatkan selama 24 jam tidak terlalu banyak melakukan pergerakan. Kemudian, Ice, artinya diberikan penggunaan es dengan menggunakan handduk langsung pada luka selama 15 hingga 20 menit. Compression, artinya penggunaan perban untuk mengurangi pembengkakan. Elevation, menempatkan bagian tubuh yang bengkak lebih tinggi dari jantung.

Di akhir acara, anak-anak diberikan makanan oleh Ibu-ibu dan Kakak Mahasiswa. “Alhamdulillaah, ilmu menjadi Petugas Kesehatan Sekolah ini sangat bermanfaat,” tutur Cantika, salah seorang siswa SD Juara Pekanbaru yang mengikuti pelatihan ilmu mengobati orang sakit, dan dapat menguasai pelajaran yang berhubungan dengan Keperawatan.***

Newsroom/Yadi Mulyadi
Pekanbaru

Tags :
Konfirmasi Donasi