SERUNYA BERKREASI DENGAN PRAKTIK SAINS DI RUMAH GIAT BINTARO

RZ LDKO CilegonJAKARTA. (03/12). Bintaro. Rumah Giat ( Giant Inspirasi Anak Teladan ) merupakan Program fasilitas taman baca yang disertai kegiatan edutainment untuk masyarakat umum terutama anak-anak sebagai upaya mendukung gerakan gemar membaca. Selain kegiatan membaca Rumah Giat juga mengadakan kegiatan edutaiment lainnya, seperti praktikum sains.

Dewasa ini kegiatan positif lewat praktikum sains dikalangan anak-anak dan remaja sepertinya tertinggal dengan berbagai kemajuan teknologi gadget yang mumpuni sehingga para anak-anak dan remaja kurang mengetahui betapa serunya bermain dengan praktikum sains, selain perlengkapan yag mudah didapat barang-barangnya pun banyak terdapat didapur seperti garam, air, air cuka, soda kue dan lainya.

Rumah GIAT Bintaro dan MI Maroqilfallah bekerjasama untuk mengadakan kegiatan praktikum sains yang mudah dan menghibur anak-anak, karena kegiatan ini sangat jarang dilakukan oleh anak-anak, kami pun mengemas kegiatan ini dengan semenarik mungkin agar anak dapat mempraktikkannya sendiri dirumah guna menambah pengetahuan mereka dan teman-temanya.

Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 19 November 2015 di Rumah GIAT Bintaro Tangerang Selatan,
adapun kegiatanya yaitu menggelembungkan balon tanpa ditiup.

Bagaimanakah caranya, yaitu tentang menggelembungkan balon tanpa meniup, terlebih daluhu kita siapkan balon, botol, soda kue dan air cuka.

1. Pertama siapkan botol kosong di atas meja kemudian isi dengan air cuka sebanyak seperempat gelas.
2. Isilah balon dengan 2 sendok makan bubuk soda kue.
3. Kemudian ujung botol dimasukan ke ujung bibir balon lalu biarkan beberapa detik, dan akhirnya balon pun menggelembung dengan sendirinya. semakin banyak air cuka di dalam botol dan semakin banyak bubuk soda kue didalam balon maka balon akan menggelembung besar hingga meledak.

Jadi kesimpulanya adalah soda kue atau sodium karbonat adalah basa, sedangkan cuka atau asam asetat adalah asam, reaksi antara asam dan basa ini disebut netralisasi. Di dalam prosesnya reaksi ini menghasilkan karbon dioksida dan air. Karbon dioksida yang akan membuat balon mengembang.***

Newsroom/Putri Mariana Sari
Jakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi