SERUNYA HARI PERTAMA BERSEKOLAH DI SD JUARA CIMAHI

RZ LDKO CilegonCIMAHI. Pada hari Senin (27/07) lalu, menjadi hari pertama masuk sekolah bagi para siswa SD Juara Cimahi di tahun ajaran baru tahun 2015 – 2016. Mereka begitu bersemangat menyambut hari pertama masuk sekolah. Biasanya, setiap tahun ajaran baru pihak sekolah menggelar masa orientasi yang dikhususkan bagi siswa baru.

Masa orientasi siswa sang juara tahun ini dilakukan dengan cara yang unik. siswa baru kelas 1 di sambut oleh Kaka kelasnya dengan tarian japlin khas dan di sawer. Tujuan dilakukan penyambutan seperti ini adalah agar siswa baru kelas 1 senang masuk sekolah dan tidak mogok tidak mau masuk sekolah.

Selanjutnya, hal yang tidak kalah menarik dari masa orientasi di SD Juara Cimahi adalah pelaksanaan upacara bendera dilakukan oleh guru-guru sebagai petugas upacaranya. Masuk ke acara utama orientasi dengan tema “Disiplin, Fokus, dan Responsif”.

Ketiga point tema tersebut di tuangkan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan seperti Game. Dalam game disiplin ini, siswa ditugaskan untuk menyusun puzzle sesuai dengan warna kelompoknya. Yang menjadi simbolis tentang disiplin adalah dari gambar yang di susun, gambar yang telah tersusun membentuk gambar orang yang sedang sholat berjamaah, dalam sholat berjamaah sangat tercermin sekali sikap disiplin.

Selanjutnya, tema ke-2 yakni Fokus di tuangkan dalam game maju mundur. Sedangkan point reposif dituangkan dalam game Komunikata dimana siswa harus menyampaikan pesan dengan cepat kepada temannya yang lain.

Siswa sangat menikmati kegiatan orientasi siswa ini. “Masa Orientasi ini diharapkan dapat melatih siswa untuk memiliki sikap disiplin, fokus dan responsif dalam melakukan kegiatan di sekolah maupun luar sekolah. Selain itu, mereka pun diharapkan semakin bersemangat untuk pergi ke sekolah,” pungkas Hendi Munandar selaku ketua pelaksana Masa Orientasi Siswa SD Juara Cimahi.***

Newsroom/Lailatul Istiqomah
Cimahi

Tags :
Konfirmasi Donasi