SERUNYA PERINGATAN HARI OLAH RAGA NASIONAL ALA SD JUARA BANDUNG

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Pada hari Rabu (9/9), SD Juara Bandung mengadakan kegiatan peringatan Hari Olah Raga Nasional (HAORNAS). Selain untuk memperingati Haornas, kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta didik tentang olahraga non familiar.

Peserta didik berangkat dari sekolah pukul 08.00 WIB. Sesampainya dilokasi, yakni di Gelanggang Olahraga SABUGA ITB, mereka langsung melakukan pemanasan yang dipandu oleh salah seorang guru. Usai melakukan pemanasan peserta didik langsung menuju gelanggang dan dibagi menjadi 3 tempat. Kelas 1 dan 2 menuju lapangan basket, kelas 3 dan 4 menuju lapangan tenis sedangkan kelas 5 dan 6 menuju jalur lari yang berada dipinggir lapangan bola.

Bukan hanya bermain-main, peserta didik juga diberikan pengetahuan tentang bermain bola basket, tenis dan lari. Selama 20 menit, peserta didik berada dalam tempat pertama. 20 menit berikutnya mereka bertukar tempat sampai 20 menit ketiga. Dengan kata lain, dalam 60 menit mereka bisa menyelesaikan 3 permainan olahraga populer. Lain halnya dengan bola basket dan tenis, di jalur lari peserta didik ditantang untuk berlari 2 putaran dan dicatat waktunya. Peserta didik yang memperoleh catatan waktu tercepat akan diprioritaskan untuk mengikuti kejuaraan di waktu yang akan datang.

Setelah mengenali dan mencoba olahraga yang familiar, peserta didik digiring untuk melihat dan mencoba beberapa olahraga non familiar. Diantara olah raga non familiar yang ditampilkan adalah Hand Ball, Anggar, Panahan, Wood Ball dan Judo.

Peserta didik terlihat sangat antusias mengikuti atraksi yang dipraktekan oleh kakak-kakak mahasiswa Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Universitas Pendidikan Indonesia ini. Selain memperkenalkan sejarah olahraga non familiar tersebut, kaka-kakak juga mempraktekkan dan memberi kesempatan kepada peserta didik untuk mencoba beberapa alat dari olahraga non familiar tersebut.

Pengetahuan peserta didik pun bertambah ditandai dengan banyaknya peserta didik yang bertanya seputar olahraga non familiar tersebut. Salah satunya adalah pertanyaan dari Salwa kelas 5. Salwa menanyakan seputar pelanggaran dalam permainan Hand Ball. Bebrapa peserta didik yang mencoba alat-alat olahraga non familiar tersebut merasa sangat senang dan ingin mencobanya lagi.

Kegiatan Haornas berakhir pukul 11.30. Peserta didik kemudian menuju masjid untuk melaksanakan sholat dzuhur dan kembali kesekolah. “Alhamdulillah anak-anak merasa antusias. Dengan acara ini semoga referensi anak-anak tentang olahraga bisa bertambah. Anak-anak tidak hanya tahu sepak bola dan basket saja. Masih banyak jenis olah raga lain yang belum mereka ketahui” Ujar ketua pelaksana Dadan Hermawan, S.Pd.***

Newsroom/Tito Suhendar
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi