SIAPA UMAT YANG BISA MELIHAT ALLAH SWT KELAK DI HARI KIAMAT?

Hamba-hamba yang terpilih akan berjumpa dengan Allah SWT tanpa halangan apapun kelap ketika di akhirat.

Hal ini juga disampaikan melalui firman Allah SWT dalam QS Al-Qiyamah ayat ke-23:  إِلَىٰ رَبِّهَا نَاظِرَةٌ “Kepada Tuhannyalah mereka melihat”.

Pakar fiqih dan tafsir dari Suriah, Syekh Prof Dr Wahbah az-Zuhaili, dalam Tafsir Al-Wajiz, dikutip dari laman Tafsirweb, menjelaskan ayat tersebut memiliki penjelasan, Mereka mendapat nikmat paling agung untuk melihat Dzat Tuhannya langsung tanpa penghalang apapun. Banyak riwayat hadits sahih yang meriwayatkan tentang nikmat ini.

Di sisi lain menurut An-Nafahat Al-Makkiyah, karya Syekh Muhammad bin Shalih asy-Syawi, tafsir dari ayat 22-23 surat Al-Qiyamah, yakni Allah mengabarkan bahwa wajah orang-orang yang gembira pada hari kiamat berseri-seri, mereka melihat kepada Tuhan mereka dengan mata kepala mereka tanpa penghalang, dengan pandangan senang dan suka-cita, inilah sebesar-besar nikmat yang Allah berikan kenikmatan ini kepada penghuni surga pada hari kiamat.

Sementara itu, dalam Tafsir as-Sa’di, Syekh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’di, pakar tafsir abad 14 H, memaparkan dalam ayat 22-23 yakni, Kemudian Allah menyebutkan apa-apa yang menumbuhkan semangat untuk lebih mementingkan akhirat dan menjelaskan kondisi penghuninya serta tingkatan-tingkatan mereka.

Allah SWT berfirman tentang balasan orang-orang yang lebih mementingkan akhirat daripada dunia, “Wajah-wajah (orang-orang Mukmin) pada hari itu berseri-seri”, yakni berseri, cerah dan bercahaya, karena dalam diri mereka terdapat kenikmatan hati, kebahagiaan jiwa, serta kenikmatan ruhani. “Kepada Rabbnyalah mereka melihat”, yakni mereka memandang Rabb mereka berdasarkan tingkatan mereka.

Ada di antara mereka yang memandang setiap hari, di pagi dan di sore hari. Ada di antara mereka yang memandang pada hari Jumat saja, mereka bersenang-senang dengan melihat Wajah Allah Yang Mahamulia dan keindahan-Nya yang jelas yang tidak ada sesuatu pun menyerupai-Nya.

Ketika para penghuni surga melihat-Nya, mereka lupa akan kenikmatan dan kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Wajah-wajah mereka kian berseri dan indah. Kita memohon kepada Allah agar menjadikan kita bersama mereka.

sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia