SINERGI RELAWAN RZ BERSAMA SANTRI TPQ DAN WARGA GELAR OPERASI PANTAI KARET

RZ LDKO CilegonBANDAR LAMPUNG. Operasi Bersih Pantai merupakan program kreatif Relawan RZ Lampung, yang pada Minggu (15/11) pagi dilaksanakan selepas shalat Dhuha. Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Kali ini kegiatan bersih pantai dilaksanakan di Pantai Karet, lingkungan karet Kelurahan Kalianda Kabupaten Lampung Selatan.

Agenda ini bertujuan untuk menggugah semangat masyarakat yang sedang diprospek untuk menjadi lingkungan binaan bank sampah di Kalianda, Lampung Selatan, tutur Donni sebagai PIC program kreatif Cipta Pantai Berseri.

Kegiatan ini melibatkan masyarakat lingkungan karet dan juga di dominasi oleh santri dari TPQ Baitul Ulum. Para santri yang dibiasakan oleh pihak TPQ untuk selalu melaksanakan Dhuha, di hari ahad pun dilibatkan secara maksimal selepas shalat Dhuha pukul 8.30 para santri dikerahkan dari TPQ Baitul Ulum. Letaknya tidak jauh dari pesisir pantai karet yang hanya menuruni tangga belakang sejauh 10 meter menuju pantai dari TPQ.

Antusiasme santri dan warga menjadi nilai tersendiri untuk program ini, bahkan ketua lingkungan setempat ikut bersemangat dan berencana untuk memperhatikan lingkungan pantai yang menjadi TPA liar dengan melakukan musyawarah dengan warga terkait pengelolaannya dan akan membuat

TPS pemilahan sampah insyaallah akan di laksanakan pada Minggu depan (22/11) dengan mengerahkan seluruh warga lingkungan karet untuk ikut bergotong royong, tutur bapak samsudin ketua lingkungan karet. Kegiatan ini bertujuan untuk memancing kesadaran masyarakat agar perduli akan dampak buruk kondisi lingkungan pantai yang asri berubah menjadi tempat pembuangan sampah, dan sebagai pemicu untuk gerakan yang lebih besar atas kesadaran masyarakat untuk mau memilah dan mengelola sampah agar tidak menjadi bencana di kemudian hari.***

Newsroom/Nurmansyah
Bandar Lampung

Tags :
Konfirmasi Donasi