SISWA JUARA SD CILEGON ANTUSIAS BELAJAR ALAT MUSIK GAMBANG

RZ LDKO CilegonCILEGON. Mengenalkan alat musik daerah yang ada di Indonesia kepada anak-anak merupakan upaya melestarikan budaya yang perlu diketahui oleh mereka sebagai generasi penerus bangsa, khususnya Siswa-Siswi SD Juara Cilegon.

Sebelumnya, anak-anak kelas II SD Juara Cilegon telah belajar mengenal benda-beda bersejarah dalam acara Mengenal Museum Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Pada hari Selasa (22/09) lalu, wali kelas II memperkenalkan alat musik daerah yaitu Gambang.

Gambang merupakan alat musik tradisional khas betawi yang dimainkan dengan cara dipukul. Walaupun dalam bentuk miniaturnya, setidaknya siswa dapat mengetahui bentuk dari alat musik gambang ini dan bagaimana cara memainkannya.

Pada kegiatan belajar kali ini, wali kelas memberikan contoh terlebih dahulu mengenai cara memainkannya dan notasi lagu yang akan dimainkan oleh para siswa dengan alat musik Gambang.

Setelah itu, siswa diberikan kesempatan masing-masing untuk mencoba memainkan alat musik gambang ini dengan memainkan lagu “Gundul-Gundul Pacul”. “Dengan belajar memainkan alat musik ini, siswa diharapkan dapat mengetahui salah satu kebudayaan yang ada di negara kita”, ucap Ibu Mirnawati selaku Wali Kelas 2 Juara.***

Newsroom/Susanto Santawi
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi