SISWA SD JUARA CILEGON IKUTI PERLOMBAAN DI GEBYAR PRAMUKA

RZ LDKO CilegonCILEGON. Gebyar Pramuka merupakan Acara yang diselenggarakan oleh Anggota Gerakan Pramuka Kecamatan Cibeber. Acara ini diselenggarakan untuk memperingati Hari Pramuka yang jatuh pada tanggal 14 Agustus 2015. Dalam Acara ini, yang diikutsertakan dalam perlombaan adalah Pramuka Siaga sampai Pramuka Penggalang.

Acara Gebyar Pramuka ini pada awalnya akan diselenggarakan pada Hari Selasa, 25 Agustus 2015, namun karena berdasarkan beberapa pertimbangan, akhirnya acara ini diundur menjadi Hari Sabtu, 29 Agustus 2015. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Pukul 07.00 WIB siswa sudah berkumpul di Sekolah. Setelah semua siswa sudah berkumpul, kakak pembimbing memberikan arahan sebelum mengikuti kegiatan ini. Setelah itu, siswa diajak untuk Shalat Dhuha berjamaah terlebih dahulu, untuk meminta dan berdo’a kepada ALLAH S.W.T, semoga kita diberikan keselamatan, kelancaran, dan kemudahan dalam mengikuti perlombaan ini. Selesai Shalat Dhuha kami langsung segera berangkat ke lokasi perlombaan. Sesampainya dilokasi, kami segera melakukan registrasi peserta kepada panitia pelaksana.

Acara dimulai pukul 08.00 WIB dengan sambutan-sambutan. Pukul 09.00 WIB acara perlombaan pun dimulai. Lomba pertama ialah KIM Penglihatan. Dalam perlombaan ini siswa diminta untuk memperhatikan gambar-gambar hewan yang dituunjukkan oleh panitia selama kurang lebih 1 menit. Setelah itu, siswa diminta untuk menuliskan nama-nama hewan yang sudah dilihat pada gambar tersebut, dengan waktu yang telah ditentukan.

Perlombaan selanjutnya ialah Lomba mewarnai, fashion show, dan hasta karya. Dalam lomba mewarnai siswa diminta untuk mewarnai gambar yang sudah disediakan oleh panitia dalam waktu 30 menit. Sedangkan dalam lomba fashion show siswa diminta untuk berjalan seperti seorang model di depan penonton,dan dewan juri. Dan dalam perlombaan hasta karya ini yang sangat disayangkan. Agenda awal lomba hasta karya adalah membuat karya dari tanah liat.

Akan tetapi pada saat registrasi peserta, kami baru diberitahukan bahwa lomba hasta karyanya tidak jadi membuat karya dari tanah liat, akan tetapi membuat karya dari kertas origami. Padahal sebelum lomba, siswa sudah mempersiapkan dari jauh-jauh hari untuk membuat karya dari tanah liat. Sehingga pada saat itu juga, team dari kami segera membeli kertas origami untuk latihan terlebih dahulu. Walaupun dengan persiapan yang kurang maksimal, anak-anak tetap bersemangat mengikuti perlombaan tersebut.

Lomba yang terakhir adalah lomba ketangkasan. Dalam lomba ini siswa diminta untuk melakukan estafet karet dengan menggunakan sedotan. Siapa yang paling cepat melakukan estafet tersebut, maka kelompok tersebutlah yang menjadi juaranya. Dalam lomba ketangkasan ini peserta yang terlibat adalah 8 orang siswa.

Perlombaan selesai pukul 11.00 WIB. Seluruh peserta Pramuka Siagar diberikan waktu istirahat sampai pukul 12.30 WIB. Pada pukul 12.00 WIB seluruh kakak pembimbing yang mendampingi dari masing-masing sekolah diminta berkumpul untuk pengumuman Juara. Alhamdulillah SD Juara Cilegon mendapatkan Juara 3 untuk perlombaan KIM Penglihatan.***

Newsroom/Arief Syaripudin
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi