SISWA SMK JUARA PETERNAKAN MULAI PRAKTEK KERJA INDUSTRI

RZ LDKO CilegonSUBANG. Praktek kerja industri (Prakerin) merupakan salah satu bagian dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KSTP), yang menjadi syarat kelulusan siswa SMK, dengan pelaksanaan prakerin minimal selama 500 jam pelajaran atau setara dengan 3 bulan. Tujuan pelaksaan prakerin ini untuk mengantarkan siswa bertemu dengan dunia industri dan merasakan iklim kerja di industri.

Prakerin SMK Peternakan Juara MTT dilaksanakan mulai tanggal 1 September 2015 sampai 31 Oktober 2015. Sebanyak 23 siswa SMK Peternaan Juara MTT mengikuti prakerin di perusahaan peternakan. Praktek kerja industri dilaksanakan dengan kerjasama SMK Peternakan Juara MTT dan beberapa perusahaan peternakan yaitu PT Agro Jaya Mulya (AJM) Dawuan Subang, PT Baqara Sarireja Subang, PT Gunung Permata Jaya Cijapati (GPJ) Bandung, dan PT. Lembu Jantan Perkasa (LJP) Serang Banten.

Setiap perusahaan menerima 5 orang siswa SMK Peternakan Juara MTT untuk prakerin, kecuali PT Gunung Permata Jaya yang menerima 8 orang siswa. Dilaksanakan di perusahaan tersebut karena memiliki jumlah ternak yang besar, minimal 1500 ekor domba atau 400 ekor sapi, sehingga siswa SMK Peternakan Juara MTT mampu belajar manajemen pengelolaan kandang skala besar.

Proses pelaksanaannya prakerin diawali dengan pengiriman surat permohonan prakerin dari sekolah kepada perusahaan, kemudian survey lokasi, bertemu dengan manajemen dan menyampaikan visi, misi sekolah, profil sekolah dan harapan sekolah terhadap perusahaan tersebut. Jika disetujui, pihak perusahaan memberikan balasan dengan mengijinkan siswa untuk prakerin di perusahaan tersebut.

Kegiatan prakerin pun berbeda-beda tergantung dengan perusahaannya. Sebagai contoh untuk PT AJM prakerin meliputi manajemen ternak masuk kandang, manajemen pemeliharaan, dan manajemen pengiriman ternak, disamping itu juga ada pengolahan pakan. Sedangkan di PT Baqara, karena lebih mengutamakann pada pemuatan pakan konsentrat sendiri, maka kegiatan prakerin lebih banyak ke pembuatan pakan konsentrat. Untuk PT LJP dan PT GPJ lebih difokuskan ke manajemen pengelolaan ternak (produksi, pakan, pemeliharaan, sanitasi dan kesmavet).

Siswa SMK Peternakan Juara MTT sangat antusias melaksanakan praktek kerja industri, hampir semua siswa hadir di lokasi prakerin sejak H-1. Begitu pula pada saat kegiatan prakerin dimulai, semua siswa ketika masuk kegiatan di peternakan bisa langsung menyesuaikan diri dan tidak canggung untuk melaksanakan tugas-tugas di kandang.***

Newsroom/Susilowati
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi