SMK PETERNAKAN JUARA MTT WUJUDKAN KARYANYA

smk-peternakan-juara-mtt-wujudkan-karyanyaSUBANG. SMK Peternakan Juara MTT merupakan sekolah dibawah naungan Indonesia Juara Foundation (IJF) yang merupakan mitra RZ. Pembangunan sekolah ini merupakan hasil kerja sama antara RZ dan Majelis Taklim Telkomsel (MTT).

Dalam rangka memahami sistem perkandangan ternak sekaligus menerapkan prinsip-prinsip pembuatan kandang ternak dalam skala kecil, siswa kelas X SMK Peternakan Juara MTT membuat maket atau miniatur kandang ternak ruminansia (kambing, domba, sapi). Pembuatan miniatur kandang tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi tugas mata pelajaran Bangunan Peralatan Kandang.

Dengan metode pembelajaran ini siswa dapat mengasah kreatifitas dan imajinasi dalam menyelesaikan tugas maket kandang sehingga siswa tidak hanya mengetahui teorinya saja, melainkan paham dan mampu menerapkannnya.

Guru mata pelajaran Bangunan Peralatan Kandang memberikan tugas ini secara berkelompok dengan dibagi dalam 5 kelompok dengan jangka waktu satu bulan. Dan pada hari Kamis ini (08/12) siswa harus mempresentasikan hasil maket yang dibuatnya.

“Bikinnya susah-susah gampang sih, tergantung kreativitas sama keuletan kita, apalagi ini tugas kelompok jadi mesti kompak.” ujar salah satu murid. “Alhamdulillah beres juga, semoga hasilnya maksimal ya.” sambungnya.

Untuk mengerjakan tugas tersebut siswa membutuhkan beberapa bahan, diantaranya stik es krim, tripleks, kardus bekas, lem, dan cat.

Di hari sebelumnya, Rabu (07/12) siswa-siswa kelas X ini pun disibukkan dengan rangkaian Ujian Praktikum Dasar, yang meliputi menghitung berat badan ternak dengan menggunakan rumus dan pita ukur, menaksir umur ternak dengan susunan gigi, serta menghitung pemberian pakan hijauan ternak.

Newsroom/Ipiq Taufik
Subang

Tags :
Konfirmasi Donasi