SULITNYA MENGUPAS MANGGA DI LATIHAN PRAMUKA SD JUARA BANDUNG

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Bagi sebagian orang, mengupas mangga adalah hal yang biasa. Namun tidak bagi anak-anak SD Juara bandung. Keahlian mengupas mangga atau mengupas buah yang sejenisnya memerlukan waktu yang cukup lama.

Pada hari Jum’at (04/09) lalu, kegiatan pramuka penggalang kali ini adalah mengupas mangga. Anak-anak membawa mangga dan pisau dari rumah untuk kemudian dikupas pada kegiatan pramuka ini. Ini merupakan hal yang tidak biasa, karena sebagian dari mereka merasa kesulitan dan melakukan hal-hal yang unik.

Diantara mereka ada yang mengeluh “susah”, yang lainnya ada yang mengupas sangat tebal, sehingga daging buahnya terkupas. Alhasil dimakanlah kulit beserta dagingnya. Ada yang mempunyai ide untuk berbagi mengupas. Seorang anak hanya mengupas tiga helai dan diberikan kepada yang lain untuk mengupas sisanya.

Hal yang lebih unik lagi adalah seorang anak memegang pisau dengan tangan kiri dan mangga di tangan kanan, kemudian menggoreskan mangganya ke mata pisau layaknya orang yang sedang memarut kelapa.

“Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan keahlian kepada peserta didik bagaimana mengupas buah. Ini juga yang nantinya akan berguna dimasa mendatang,” ujar pembina pramuka Ibu Nurliya.

Sebelumnya, mereka mengamati bagaimana cara mengupas mangga dengan benar dari Bapak Ronny Lesmana yang memcontohkannya di depan anak-anak.***

Newsroom/Achmad Ghozali
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi