SUPERQURBAN, SOLUSI HADAPI KRISIS PANGAN DI KAMPUNG PURUD LAMPUNG

RZ LDKO CilegonCILEGON. Akibat kemarau panjang yang melanda sejak bulan Agustus lalu, menyebabkan ternyadinya krisis air bersih dibeberapa titik wilayah di Cilegon. Selain itu, warga juga harus rela tanamannya mengalami puso akibat kekeringan yang berimbas pada minimnya persediaan makanan masyarakat.

Menyadari kondisi tersebut, RZ melalui Relawan RZ Cilegon melakukan Ekspedisi Superqurban di pedalam kota Cilegon, tepatnya di Kampung Purud Lampung, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, Banten dengan membawa sebanyak 100 kornet untuk 20 KK di wilayah yang terkena krisis air.

Menurut informasi warga setempat, untuk mendapatkan air saja mereka harus berjalan kaki sejauh 1 km dan menunggu hingga 2 jam ke tempat persediaan air. “Namun dalam aksi kali ini, pihak kami (RZ) tidak menyertakan bantuan air dikarenakan wilayah ini termasuk daerah yang mendapat bantuan suplai air bersih dari pemerintah setempat hanya tinggal menunggu eksekusi saja,” tutur Iroh Basiroh selaku Relawan RZ.

Kedatangan Relawan RZ di kampung Purud Lampung mendapat sambutan hangat dari warga setempat. Bapak Misri selaku ketua pemuda kampung Purud lampung menyampaikan ungkapan terimakasih kepada RZ yang telah bersedia memberikan bantuan Superqurban. “Kami sangat senang, karena kami bisa dibilang hanya memakan daging ketika hari raya qurban atau pas hari tertentu saja,” papar Misri.

Misri menambahkan, bahwa untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga dikampung Purud Lampung harus berjuang menempuh jarak yang sangat jauh untuk bisa sampai di pasar. “Harapannya dengan bantuan dari RZ ini dapat mengurangi keterbatasan pangan yang sedang dialami warga Purud Lampung,” ujar Misri.***

Newsroom/Diki Taufik
Cilegon

Tags :
Konfirmasi Donasi