SUPERQURBAN UNTUK ANAK-ANAK KAMPUNG ADAT GELARSARI

BANTEN. Inilah ekspresi kebahagiaan anak-anak MI Daar El-Najah yang berlokasi di Kampung Gelarsari, Desa Mekarsari, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten saat menerima kornet Superqurban.

“Abdi hoyong, teh… abdi hoyong (saya mau, teh… saya mau),” teriak anak kecil imut bernama Dimas (7 th) saat dus kornet Superqurban dibuka.

Kampung Gelarsari merupakan kampung adat yang dihuni oleh 30 KK dimana semua kepala keluarganya berprofesi sebagai petani. Pendapatan mereka tak menentu, apalagi hasil bertani seperti padi, secara hukum adat tidak boleh dijual.

“Kami tidak boleh menjual padi. Padi yang dihasilkan dari sawah, semuanya disimpan di Leuit (lumbung padi) untuk konsumsi sehari-hari. Jaga-jaga kalau kami tak punya uang sama sekali, kami masih bisa menanak nasi,” ujar Wiwi, salah satu warga.

Karena itulah, untuk kebutuhan sehari-hari, warga di sini mengandalkan penjualan dari tanaman palawija yang mereka miliki atau dari pekerjaan kuli bangunan ataupun dari pertambangan emas (gurandil).

“Saya kerja nyari batu-batu yang mengandung emas selama 2 minggu dan dapat penghasilan 100ribu,” ungkap Suwardi, ketua RT Kampung Gelarsari.

Kehidupan warga Gelarsari sangat sederhana. Lokasi kampung mereka yang berada di pedalaman dengan kondisi jalan berbatu membuat mereka sulit mengakses ataupun diakses fasilitas-fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, dan lainnya.

“Dulu banyak yang buta huruf di sini, karenanya kami bergotong royong membangun sekolah MI ini. Soalnya kasian anak-anak kalau harus sekolah ke SD Inpres yang jaraknya sekitar 5 KM dari sini,” tutur Wiwi.

“Guru-gurunya dari kampung-kampung tetangga dan mereka tidak dibayar,” tambahnya.

Karena itulah, warga sangat bahagia saat tim Rumah Zakat datang ke kampung mereka membawa kornet Superqurban sekaligus merenovasi sekolah.

“Saya belum pernah makan kornet kaya gini. Jarang makan daging, paling kalau Idul Adha, itu juga kalau ada yang ngasih qurban ke sini,” ujar Eka Saputra (11th).

Newsroom/ Ria Arianti
Banten

Tags :
Konfirmasi Donasi