TAMU DARI KOREA DAN JEPANG TERTARIK DUSUN RAMAH LANSIA BINAAN RZ

RZ LDKO CilegonYOGYAKARTA. Dusun Ramah Lansia di Karet, Pleret, Kab Bantul, DIY menarik perhatian seorang profesor dari Jepang bernama Prof Takeo Ogawa dan rekan-rekannya dari Korea Selatan. Mereka tertarik dengan penanganan kaum lansia di Dusun Karet yang ditangani oleh LSM dan pelaksananya masih cenderung berusia muda.

Kunjungan mereka diterima oleh para pendamping lansia yang di bina langsung oleh Cita Sehat Foundation member of RZ. Di negara mereka, layanan lansia dilakukan dengan mengundangnya ke Lansia Centre, sementara di Dusun Karet dilakukan justru dengan cara petugas kita yang mendatangi mereka ke rumah-rumah.

Sementara di negara mekera yang menangani lansia adalah pemerintah dan tenaga medis, sedangkan yang dilakukan di Dusun Karet adalah tim program kesehatan RZ melatih para kader yang merupakan warga setempat baik dari para remaja, ibu-ibu maupun dari kalangan lansia sendiri. Para kader diberi pelatihan hingga mereka benar-benar bisa membantu melakukan pelayanan kepada para lansia di desa tempat tinggal mereka.

“Para tamu dari Jepang dan Korea Selatan datang untuk bertukar pengalaman, mereka juga berdialog dengan para lansia. Mereka juga didampingi oleh Prof Tri Budi Raharjo dan beberapa dosen lain dari Universitas Indonesia,” tutur Ratna Kusumaningsih, Branch Head Cita Sehat Foundation.***

Newsroom/Warnitis
Yogyakarta

Tags :
Konfirmasi Donasi