Assalamu’alaikum Wr. Wb.

“Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia.” Soekarno.

Kutipan motivasi dari presiden pertama kita menunjukkan bahwa pemuda mempunyai peranan penting dalam membangun peradaban negara. Pemuda juga merupakan aset bangsa yang keberadaannya diharapkan bisa memberikan kontribusi bagi sebuah negara.

Sahabat Zakat, bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober ini, mari kita eratkan persatuan dan persaudaraan antar pemuda. Melalui persatuan dan diiringi dengan kreativitas yang lahir dari pemuda, tidak menutup kemungkinan negara kita akan menjadi negara maju dan berpengaruh di dunia melalui peran pemuda.

Terlebih pada tahun 2020-2030 Indonesia akan mendapatkan bonus demograi di mana jumlah usia produktif (15-64 tahun) mencapai 70%. Sedangkan 30% lainnya berusia 14 tahun ke bawah dan di atas 65 tahun.

Sahabat Zakat, alhamdulillah di pertengahan Bulan September lalu, Social Problems: Case Study of Desa Berdaya (Empowered Village) Rumah Zakat.” Atau Pengembangan Masyarakat Terpadu untuk Mengentaskan Kemiskinan dan Masalah Sosial: Studi Kasus di Desa Berdaya Rumah Zakat.

Dalam kesempatan tersebut juga alhamdulillah Kedutaan Besar Republik Indonesia di Roma, Italia memberikan apresiasi mengenai Desa Berdaya Rumah Zakat. Kami berharap dengan adanya pertemuan tersebut, produk UMKM Desa Berdaya Rumah Zakat bisa masuk dan dipasarkan di Italia dengan memastikan sustainable production and quality, food security dan food safety.

Sahabat Zakat, doakan kami semoga bisa terus menebar manfaat bagi sesama.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.