Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Apa kabar sahabat? Semoga kita senantiasa selalu dilimpahkan nikmat sehat yang terkadang kita selalu melupakan cara mensyukuri nikmat tersebut.

“Beri aku sepuluh pemuda yang membara cintanya kepada tanah air dan aku akan mengguncang dunia,” begitulah kutipan Bung Karno dalam orasinya.

Sampai saat ini, kalimat tersebut cukup ampuh memacu semangat nasionalisme para pemuda di Indonesia. Sudah selayaknya, kita sebagai pemuda harus bisa mencontoh semangat para pemuda terdahulu untuk memberikan kontribusi positif bagi kemajuan lingkungan, agama dan negara, sehingga keberadaan para pemuda memberikan manfaat untuk orang lain.

Salah satu upaya kami untuk membentuk generasi pemuda yang mempunyai kontribusi positif adalah dengan mendidik siswa SD Juara menjadi pribadi yang sehat. Menyadari pentingnya kesehatan, maka SD Juara menginisiasi Program Gizi Sang Juara yang bertujuan untuk memberikan tambahan gizi bagi siswa. Selain itu, SD Juara Jakarta Timur menggulirkan program SMS (Sedekah Makanan/Minuman Siswa).

Dengan adanya kedua program tersebut, diharapkan ke depannya anak-anak bisa tumbuh dengan sehat dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi dan bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Berbicara mengenai kebermanfaatan, sejak 31 Agustus 2017, tim program kemanusiaan Rumah Zakat telah berada di Myanmar untuk membantu warga Muslim Rohingya yang berada di desa Sittwe.

Untuk membantu tragedi kemanusiaan tersebut, Rumah Zakat menginisiasi berbagai program, seperti distribusi hewan qurban, kornet dan rendang Superqurban, pembangunan Sekolah Darurat dan penyediaan sarana pendidikan untuk anak-anak Muslim Rohingya.

Selain itu, Rumah Zakat juga berkolaborasi dengan pemerintah provinsi Jawa Barat telah menggelar aksi peduli rohingya dengan melakukan penggalangan dana. Aksi Jawa Barat Peduli Rohingya tersebut terkumpul dana sebesar Rp2,1 miliar yang akan dikelola oleh Rumah Zakat untuk disalurkan kepada saudara muslim Rohingya.

Kolaborasi tersebut penting untuk bisa digarap dalam jangka panjang. Dimulai dari Jawa Barat, Indonesia, dan dunia, harapannya tragedi kemanusiaan tersebut bisa segera dihentikan. Mohon doanya agar kami lebih amanah dan profesional.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nur Efendi

CEO Rumah Zakat