Assalamu’alaikum Wr. Wb

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: amal jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang shalih” (HR. Muslim no. 1631)

Sahabat Zakat, salah satu amal yang tidak akan terputus sampai kita meninggal adalah amal jariyah. Tidak sedikit ayat dan hadist yang menganjurkan kita untuk bersedekah,namun sayangnya sebagian masyarakat kita masih menganggap bahwa sedekah itu terbatas sampai ZIS saja (Zakat, Infak, Sedekah) saja.

Padahal ada satu aspek yang sering kita lupakan, yaitu wakaf. Menurut BWI (Badan Wakaf Indonesia), potensi wakaf uang di Indonesia mencapai Rp180 Triliun, sedangkan wakaf uang yang baru dimanfaatkan baru mencapai Rp400 Miliar. Namun yang menjadi permasalahannya adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai wakaf itu sendiri.

Kami mencoba mengambil peran untuk memaksimalkan potensi wakaf, alhamdulillah pada awal Februari lalu Rumah Zakat meluncurkan Gerakan Gelombang Wakaf yang diselenggarakan di Jakarta. Insya Allah kami akan memberikan edukasi kepada masyarakat dan membentuk komunitas wakaf yang melibatkan generasi milenial yang jumlahnya kurang lebih 40% dari total penduduk Indonesia.

Sahabat Zakat, tentu tanpa adanya doa,dukungan, dan partisipasi dari Anda semua, tujuan kami untuk terus memberikan manfaat kepada masyarakat luas tidak akan terwujud.

Mari kita bersama menjadi pelopor kebaikan untuk Indonesia dengan saling berbagi, karena sesungguhnya harta yang kita miliki akan abadi jika digunakan untuk kemaslahatan umat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Nur Efendi

CEO of Rumah Zakat