Seorang anak sedang membaca buku di Omah Bening Rumah Baca binaan Rumah Zakat yang ada di Desa Bojanegara, Kabupaten Banjarnegara.

BANJARNEGARA – Peran perpustakaan diera pandemi tidak berubah, perpustakaan tetap berperan untuk menciptakan masyarakat yang literate.

Oleh karena itu Omah Bening Rumah Baca binaan Rumah Zakat yang ada di Desa Bojanegara, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tetap membuka layanan baca. Meskipun saat ini sedang diterapkan PPKM, namun kaidah prokes tetap dilakukan seperti mengenakan masker, wajib cuci tangan dan jaga jarak, serta pembatasan kunjungan tiap harinya.

Kegiatan baca untuk saat ini dilakukan diluar ruangan, dharapannya mereka tetap nyaman membaca dan udara yang lebih segar.

“Saat ini Omah Bening Rumah Baca tetap buka, dengan tetap menggunakan prokes yang ada, anak-anak wajib mengikutinya, sekarang kami membuka tempat baca diluar dengan memanfaatkan gerobak baca, harapan nya tidak terlalu sempit dan mereka bisa bebas membaca buku yang mereka suka,” ujar Yekti Nunihartini Relawan Rumah Zakat Desa Bojanegara (YN).

Newsroom

Meli Latifah/Amri Rusdiana