TERIMA KASIH RELAWAN ATAS SEMUA BAKTI DAN PERJUANGAN

RZ LDKO CilegonBANDUNG. Hari Relawan Internasional diperingati setiap tanggal 5 Desember. Hari Relawan Internasional ini merupakan bagian dari hari-hari peringatan PBB. Hari Relawan Internasional memberikan kesempatan bagi berbagai organisasi sukarelawan dan juga para relawan individu untuk menunjukan hasil kontribusi mereka pada tingkat lokal, nasional maupun internasional, dalam upaya mencapai Tujuan Pembangunan Milenium.

Dalam memperingati Hari Relawan Internasional ini, Para Relawan di seluruh penjuru dunia berupaya menunjukan pentingnya untuk menjadi relawan dan mencoba membangun diskusi global untuk mengatasi masalah-masalah di dunia.

Ada yang masih ingat dengan Budi Santoso?. Dia merupakan salah satu Relawan RZ cabang Surabaya yang dengan dengan segala keterbatasannya yang hanya berkaki satu, tidak membuatnya minder ataupun putus asa, justru beragam prestasi maupun aktivitas telah dilakoninya. Berikut petikan kisahnya yang inspiratif.

“Saya bergabung menjadi relawan karena saya ingin bisa lebih maksimal lagi dalam membantu sesama, membantu masyarakat yang membutuhkan,” ujar mahasiswa Sosiologi 2009 Budi Santoso. Pemuda kelahiran Sidoarjo 4 Juli 1990 ini, bergabung dalam Relawan RZ Surabaya sejak tahun 2011.

Saat kecil, Budi pernah mengalami kecelakaan sehingga kakinya patah dan harus diamputasi. Namun kondisi ini tidak menjadikan pemuda bernama lengkap Achmad Budi Santoso ini berputus asa. Karakter Budi yang senantiasa semangat dan ceria serta mudah bergaul menjadikannya selalu tampak bersinar. Bahkan ketika untuk kedua kalinya hp dan laptopnya hilang dicuri orang, tidak tampak kesedihan diwajahnya. Dia tetap semangat dan cerah ceria mengikuti agenda-agenda relawan.

Dengan rasa percaya diri dia aktif dalam organisasi ekstra kampus dan aktif juga di NPC (National Paralimpic Community) kota Surabaya, dibawahi KONI Surabaya. Tidak heran jika pemuda yang hanya memiliki 1 kaki ini begitu lincah ketika mengikuti aksi-aksi relawan baik itu angkat-angkat kornet untuk baksos dan sebagainya. Dia tidak pernah tertinggal dalam kegiatan-kegiatan Rumah Zakat, dan aktif mengikuti seminar-seminar di kampus-kampus besar Surabaya.

Kisah Budi mengjarkan kepada masyarakat secara luas akan hasrat kepedulian kepada sesama melalui perbuatan baik sudah terlembagakan menjadi tanggung jawab sosial. Kita bisa menjadi relawan mulai sekarang. Banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadi relawan. Salah satunya adalah dengan ikut Palang Merah Remaja (PMR) untuk tingkat SD, SMP dan SMA, Korps Sukarela (KSR) untuk tingkat Perguruan Tinggi, serta Tenaga Sukarela (TSR) yang merupakan tenaga pelaksana perhimpunan PMI.

Kini saatnya kamu membantu sesama tanpa batas. Apakah kamu orangnya? Ayo temukan jiwa relawanmu. Find the volunteer inside you. Selamat Hari Relawan Sedunia #InternationalVolunteerDay

Newsroom/Diki Taufik
Bandung

Tags :
Konfirmasi Donasi