TINGKATKAN DISIPLIN DAN NASIONALISME, SD JUARA FIELD TRIP KE AKPOL SEMARANG

SETINGKATKAN DISIPLIN DAN NASIONALISME, SD JUARA FIELD TRIP KE AKPOL SEMARANGMARANG. Pada hari Senin (11/4) siswa-siswi SD Juara Semarang dari kelas 3 – 6 kurang lebih berjumlah 68 orang melaksanakan agenda semesteran yakni Field Trip. Agenda ini menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh para siswa di tiap semester. Field trip kali ini, sedikit berbeda dengan sebelumnya. Dimana kali ini siswa akan mengunjungi lembaga pendidikan milik pemerintah yang mempersiapkan garda keamanan negara dari putra putri terbaik yang ada di tanah air.
Siswa diharapkan mampu untuk lebih disiplin dan cinta tanah air. AKPOL (Akademi Kepolisian) Semarang menjadi tempat yang dipilih.

Acara dimulai pukul 07.00, acara tersebut diawali para siswa dengan sholat Dhuha bersama di mushola sekolah, berangkat pukul 07.30 sampai 08.30 tiba di lokasi. Disana rombongan SD Juara disambut baik oleh Bapak Teguh selaku Kaur Kermadian AKPOL Semarang dan Bapak Sofyan selaku Staff Kermadian AKPOL Semarang. Pada kesempatan itu, Bapak Teguh lah yang menjadi korlap acara field trip SD Juara di AKPOL ini.

Siswa-siswi SD Juara dikumpulkan di lapangan utama AKPOL untuk berkenalan dengan instruktur lapangan dengan dipandu oleh Bapak Teguh. Diawali dengan doa, menyanyikan Hymne Guru kemudian perjalanan dimulai dengan menyaksikan praktik taruna-taruni AKPOL yang sedang mengikuti mata kuliah menembak. Ada beberapa siswa SD Juara yang bertanya kepada para taruna-taruni.
“Kenapa tho kok harus jongkok waktu nembak?” Kata Ghozy, siswa kelas 4. Salah satu taruna menjawab, “Agar lebih mudah tepat sasarannya dek.”

Setelah asyik di area tembak, siswa-siswi kemudian diajak berkeliling AKPOL untuk melihat dan mengamati model sarana transportasi yang ada di AKPOL, yakni pesawat terbang dan kereta api. Disana, siswa-siswi SD Juara mendapat pelatihan baris berbaris dasar yang langsung dipimpin instruktur PBB dari AKPOL. Mereka diajarkan bagaimana harus fokus, dan tertib mengikuti instruksi yang diberikan.

Setiap pergantian area, instrkutur akan menghitung dari 1-5 untuk mendisiplinkan siswa-siswi SD Juara agar segera kembali ke rombongan dan melanjutkan perjalanan. Dari area lapangan baris-berbaris, siswa-siswi berkeliling kembali, melewati beberapa tempat ibadah yang ada di AKPOL, seperti masjid, pura, dan gereja. Masing-masing tempat ibadah tidak terlalu jauh jaraknya. Sambil melihat beberapa tempat ibadah siswa-siswi diantarkan menuju hutan tempat pengembangbiakkan rusa. Rusa – rusa yang berada di AKPOL Semarang ini merupakan rusa tutul yang dikirim ke Istana KepresidenanBogor. Di tempat perkembangbiakkan ini siswa-siswi diberi kesempatan untk memberi makan rusa. Kangkung dan wortel sebagai makanan rusa, yang sudah dipersiapkan dan dibawa oleh siswa-siswi dari rumah. Mereka sangat antusias memberi makan rusa tersebut, bahkan ada yang membawa tiga ikat kangkung.

Waktu sudah menunjukkan pukul 10.30 siswa-siswi SD Juara segera melanjutkan ke area berikutnya, area yang sangat dinantikan yakni berenang. SD Juara merupakan salah satu sekolah yang diberi kesepatan untuk merasakan fasilitas kolam renang di AKPOL, yang biasanya digunakan untuk latihan para taruna-taruni. Satu kolam renang panjang standar perlombaan, siswa-siswi SD Juara diperkenankan untuk berenang di sebelah kanan dari kolam renang tersebut yakni sepertiga dari yang ada, dengan garis pembatas yang sudah diijinkan oleh instruktu yaitu kedalaman 110 cm. Semakin ke kiri atau melebihi garis pembatas kedalaman kolam renang semakin besar,oleh karena itu tidak semua bagian kolam renang dipakai. Kurang lebih 2 jam berlalu, matahari makin terik, siswa-siswi segera bersih-bersih diri dan makan siang.

Acara ditutup di hole area kolam renang, dengan pemberian kenang-kenangan dari SD Juara oleh Bapak Zainal Abidin, S.Pd.I selaku kepala SD Juara Semarang kepada AKPOL Semarang yang diwakili oleh Bapak Teguh selaku Kaur Kermadian. Diakhiri dengan foto bersama kemudian siswa-siswi berpamitan dengan bersalaman kepada para instruktur AKPOL yang telah mendampingi dari awal acara juga kepada beberapa staff Kermadian AKPOL Semarang. Siswa-siswi segera menaiki armada yang telah disiapkan dari sekolah dan bergegas kembali ke sekolah untuk melaksankan sholat dzuhur berjama’ah.

“Anak-anak sangat menikmati acara field trip ini, semoga selain siswa bisa refreshing diharapkan juga mampu menjadikan mereka lebih disiplin dan cinta tanah air. Dan terima kasih AKPOL Semarang telah menyambut kita dengan baik,” ungkap Zainal Abidin, S.Pd.I selaku kepala SD Juara Semarang.***

Newsroom/Muhammad Zainal
Semarang

Tags :
Konfirmasi Donasi