TINGKATKAN KAPASITAS ANGGOTA, RELAWAN RZ GELAR PELATIHAN WATER RESCUE

RZ LDKO CilegonPONTIANAK. Pada hari Minggu (22/11) kemarin, Relawan RZ kembali menggelar kegiatan kampus relawan yang berlangsung seru dan menarik. Pasalnya, dalam kampus relawan kali ini diisi dengan praktek langsung berupa water rescure yang disampaikan dan dibimbing oleh tim SAR Kota Pontianak.

Kegiatan kampus relawan ini dilakukan di dua tempat yakni di aula kantor SAR Pontianak dan Kolam Berenang yang bertempat dijalan Adi Sucipto. Kegiatan ini di mulai sekitar pukul 09.00 WIB yang disampaikan oleh pak Edi tentang teori pertolongan air atau water rescue, pak edi mengatakan bahwa dalam melakukan pertolongan di air kita terlebih dahulu harus mengetahui peralatan apa saja yang digunakan dalam melakukan pertolongan di air seperti ring buoy, life jacket karena pertolongan di air berbeda dengan didarat.

“Dalam melakukan pertolongan di air kita harus memperhatikan kemampuan kita apakah kita bisa menolong atau tidak apabila kita tidak bisa menolong segeralah minta bantuan. Pengetahuan, mental dan fisik juga harus diperlukan dalam melakukan pertolongan,” Ujar Edi selaku Fasilitator dari SAR Kota Pontianak.

Tak hanya itu, Edi juga mengatakan bahwa dalam melakukan pertolongan diair kita harus juga mengetahui apa saja bahaya yang ada di air yaitu bahaya yang berasal dari manusia berupa panik, kejang/keram, lelah.

Pada saat melakukan pertolongan kepada manusia/orang, biasanya orang akan panik untuk berusaha menyelamatkan dirinya hal ini dapat menyebabkan bahaya bagi korban dan penolong sehingga penolong harus mampu dan tau bagaimana cara melalukan teknik pertolongan seperti teknik defend berupa menghalangi dengan kaki, menghalangi tangan, dan mengangkat siku, sedangkan teknik release berupa cengkraman tangan 1 dan 2.

Teknik ini sangat perlu dikuasai untuk pada orang yang panik dan sebagainya, kemudian bahaya selanjutnya yaitu alam dan biota laut. Setelah semua materi/teori disampaikan oleh tim SAR Pontianak, kegiatan selanjutnya adalah simulasi/praktek pertolongan di air. Kegiatan ini dilakukan di kolam renang Tirta Ria.

Dilokasi ini semua peserta melakukan praktek pertolongan di air seperti teknik membawa korban, teknik melakukan pertolongan pada korban yang mengalami kepanikan, tidak sadarkan diri. Kemudian cara melempar ring buoy.

“Kegiatan ini berlangsung menarik dan seru karena kegiatan ini merupakan aplikasi dari teori yang telah dipelajari sebelumnya,” tutur Sri Yuniarti selaku kordinator relawan RZ Pontianak.***

Newsroom/Surianto
Pontianak

Tags :
Konfirmasi Donasi