Banyak umat Muslim yang melakukan itikaf semalaman suntuk, terutama pada 10 malam terakhir di Bulan Ramadhan. Risikonya, tidak jarang rasa kantuk melanda saat siang hari ketika beraktivitas. Tak perlu khawatir, Anda bisa beritikaf semalaman tanpa aktivitas siang hari Anda terganggu karena mengantuk. Berikut beberapa tipsnya:

1. Makan makanan penangkal ngantuk
Kita perlu memperhatikan apa yang kita makan pada saat sahur. Agar tidak mengantuk saat siang hari, saat sahur bisa mengonsumsi makanan penangkal kantuk, seperti pepaya, alpukat, bayam, kacang-kacangan, yogurt rendah lemak, ikan, daging tanpa lemak, edamame, kale, dan buah ceri.

2. Tidur siang
Tidak ada salahnya untuk tidur siang pada saat puasa. Menurut pakar kesehatan Brad Stulberg dan Steve Magness, tidur siang membuat bagian otak yang selalu aktif diberikan kesempatan untuk beristirahat. Sementara itu, tidur siang juga memiliki manfaat untuk konsentrasi otak dan memulihkan energi serta bisa membuat seseorang lebih fokus, produktif, dan kreatif.
Namun manfaat itu bisa dirasakan bila tidur siang tidak lebih dari setengah jam, kira-kira 15-20 menit. Jangan terlalu lama ya!

3. Bekerja di ruangan cukup bercahaya
Bekerja di tempat dengan intensitas cahaya yang terang bisa mempengaruhi rasa kantuk seseorang. Bekerja di tempat yang minim pencahayaan bisa membuat tubuh kelelahan dan memunculkan rasa kantuk. Penelitian menunjukkan bahwa paparan cahaya dapat mengurangi kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Terangilah tempat kerja Anda.

4. Bergerak
Beritikaf semalaman dan harus bekerja seharian penuh ditambah berpuasa pastinya melelahkan. Tapi jangan jadikan itu sebagai alasan untuk malas bergerak. Bergerak justru membantu tubuh melawan rasa kantuk yang menyerang.

Sebuah penelitian yang dilakukan seorang profesor di California State University, Robert Thayer, PhD menemukan bahwa berjalan 10 menit bisa meningkatkan energi tubuh selama dua jam. Hal ini dikarenakan berjalan dapat memompa oksigen melalui pembuluh darah, otak, dan otot.

5. Mengalihkan pandangan
Anda hanya perlu sesekali mengalihkan pandangan saat bekerja, terutama yang harus bekerja seharian di depan layar komputer. Fokus pada satu objek bisa membuat mata lelah.

Menurut dokter spesialis mata dr Endang Johani, SpM, dari RS Siloam Lippo Village Karawaci, mata harus diberi istirahat saat bekerja termasuk saat membaca Al-Quran. Ini dilakukan agar mata tetap terjaga kesehatannya.

sumber: health.detik.com