Sahabat Zakat, Idul Adha biasanya identik dengan daging. Sebagian besar masyarakat mengonsumsi daging lebih banyak dari biasanya karena banyaknya daging kurban yang didapatkan. Namun, perlu diperhatikan ya asupan jumlah daging yang sahabat konsumsi.

Dilansir dari republika.co.id, menurut Aviria Ermamilia (Ahli Gizi Universitas Gajah Mada) mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat apabila kita mengonsumsi daging dalam jumlah yang relatif lebih banyak dari biasanya.

Menurutnya, jika hendak mengonsumsi daging, maka pilihlah bagian daging dengan sedikit kandungan lemak dan kurangi mengonsumsi jeroan atau gajih. Ia juga menyarankan untuk teknik pengolahannya diusahakan dengan cara direbus atau dikukus, karena apabila digoreng akan menambah kadar lemak di dalam tubuh.

Mengolah daging dengan cara dibakar juga tidak disarankan, karena akan berisiko menambah zat karsinogenik yang bisa memicu terjadinya kanker. Ia merekomendasikan konsumsi daging dilakukan bersamaan dengan mengonsumsi sayur dan buah.

Nah Sahabat Zakat itulah beberapa tips agar tetap aman meskipun mengonsumsi daging dalam jumlah yang relatif lebih banyak dari biasanya. Tetap jaga kesehatan ya dan jangan berlebihan.