TIPS MAKAN CERDAS SELAMA RAMADHAN

Selain beribadah, puasa juga menjadi ajang untuk meningkatkan kualitas kesehatan seseorang. Orang yang tidak berpuasa cenderung bertambah berat badannya selama satu bulan.

Nah, saat berpuasa, Anda harus memperhatikan menu-menu berbuka dan sahur Anda. Puasa bisa menjaga konsumsi kalori Anda tetap rendah di siang hari dengan menghindari makanan bertepung dan bergula.

Anda juga sebaiknya menerapkan pola makan sehat dengan seporsi kecil protein dan sayuran, serta perbanyak minum air putih atau kurangi minuman manis. Berikut adalah tips makan cerdas selama Ramadhan, dilansir dari Khaleej Times:

Susun rencana
Orang pintar bilang, “Dia yang gagal mempersiapkan sesuatu, maka bersiaplah untuk gagal.” Ini berlaku untuk tujuan apapun termasuk yang satu ini. Ada alasan mengapa beberapa orang gagal menjaga berat badannya tetap stabil di bulan Ramadhan. Itu salah satunya dikarenakan mereka gagal menyusun perencanaan.

Buka puasa dengan air
Meminum seteguk air putih hangat atau teh hangat saat berbuka puasa akan membantu mengurangi perut dari gas yang mungkin meningkat selama jam berpuasa. Hal ini sangat berguna sampai tubuh Anda menyesuaikan perubahan. Jika diperlukan, Anda bisa mempermanis minuman hangat itu dengan sedikit madu.

Makan sup saat berbuka
Sup atau kaldu tulang dari ayam, daging sapi, daging kambing sangat baik untuk berbuka puasa.

Perbanyak salad
Tubuh membutuhkan rehidrasi ketika Anda berbuka puasa. Salad mentah adalah teman yang baik untuk perut, seperti sayuran mentah yang kaya air dan mineral.

Protein adalah teman
Pastikan untuk menikmati hidangan utama yang mengandung banyak protein yang berasal dari ikan, daging, unggas, dan sayuran. Anda perlu memperbaiki otot.

Sumber: republika.co.id

Tags :
Konfirmasi Donasi