TIPS MENGAJARI ANAK TENTANG UANG

Ketika datang masanya untuk mengajari anak tentang uang, Anda perlu membangun dasar-dasarnnya, karena kebiasaan berbelanja dapat merusak masa depan anak kelak.

Di zaman penuh kemewahan dan kenyamanan yang menggoda sekarang ini, anak harus bisa mengontrol dirinya terutama di bidang keuangan. Apakah Anda telah mengajarkannya pada anak-anak? Jika tidak, lakukanlah sebelum terlambat.

Seperti dilansir dari Boldsky, berikut 4 tips untuk mengajari anak Anda tentang uang.

Jelaskan untuk menunggu
Pertama, Anda harus melatih anak-anak untuk menunggu. Menunda suatu kepuasan adalah pelajaran penting yang dapat membantu dalam pertumbuhan keuangan anak. Jika seseorang ingin menghabiskan uang, maka harus menunggu ketika mendapatkan uang dan kemudian baru menghabiskannya. Jadi, jangan langsung dihabiskan.

Ajarkan tentang gaji, berbagi dan tabungan
Sumber penghidupan memang perlu diperoleh dengan kerja keras, tapi suatu saat anak diharapkan bisa berbagi dengan keluarganya, dan sisa gajinya harus diselamatkan dengan cara ditabung. Ini adalah pelajaran penting yang harus diajarkan kepada anak-anak.

Pengeluaran berlebihan apakah pilihan baik
Ajarkan anak-anak untuk mengambil keputusan yang tepat dalam menghabiskan uang secara berlebihan. Cara ini akan membuat anak lebih hemat dan terhindar dari kesulitan keuangan.

Libatkan anak dalam diskusi
Ketika mengambil keputusan keuangan penting, cobalah untuk membuka diskusi dan melibatkan anak-anak di dalamnya untuk menunjukkan bagaimana Anda merasionalisasi setiap keputusan pengeluaran. Ini adalah salah satu cara untuk mengajarkan anak tentang uang. Dengan cara ini, Anda secara bertahap dapat membantu anak-anak belajar tentang penghasilan dan cara menyimpan uang.

Sumber: republika

Tags :
Konfirmasi Donasi