Selain kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sangat penting untuk kita lakukan. Menurut WHO (World Health Organization), sehat mental diartikan apabila seseorang mampu menyadari kemampuannya, menangani stres dalam kehidupa sehari-harinya, bekerja secara produktif, dan bisa berkontribusi bagi lingkungan sekitarnya.

Nah, agar kesehatan mental Sahabat Zakat terjaga, berikut ada beberapa tips untuk bisa kita ikuti yang dilansir dari alodokter.com, di antaranya:

1. Menghargai Diri Sendiri

Bagaimana kita akan bahagia jika tidak bisa menghargai diri sendiri dan selalu membandingkan dengan orang lain? Kesehatan mental sangat penting apabila kita sudah bisa menerima diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihannya.

Coba luangkan waktu untuk me time dan mengerjakan sesuatu sesuai hobi Anda. Jangan lupa bersyukur atas semua nikmat yang sudah diberikan Allah kepada kita.

2. Mengelola Stres

Setiap orang pasti mempunyai permasalahan hidup masing-masing yang rentan terhadap stres. Namun, hal tersebut bisa dihindari jika kita bisa mengelola stres tersebut dengan baik. Jika kita sedang mengalami masalah, coba Anda alihkan permasalahan tersebut dengan melakukan hal lain yang bisa membuat kondisi Anda lebih membaik.

Misalnya dengan olahraga, jogging, menonton film, mendengarkan lagu, menulis jurnal, atau kegiatan lain yang bisa mengalihkan Anda terhadap permasalahan yang sedang terjadi.

3. Sayangi Tubuh Sendiri

Tidur yang cukup dan mengonsumsi makanan yang sehat adalah salah satu faktor yang bisa menjaga kesehatan mental Anda. Selain kesehatan mental, tentu fisik Anda pun akan lebih sehat. Jangan lupa untuk berolahraga, hindari minuman ber-alkohol dan rokok.

4. Pelihara Hubungan Baik dengan Orang Lain

Memelihara hubungan sosial yang baik dengan orang lain mampu mengatasi stres dan bisa menjaga kesehatan fisik sekaligus mental kita. Luangkan waktu Anda untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman agar bisa berinteraksi dan berkesempatan untuk melakukan kegiatan baru, sehingga tidak bosan.

5. Membantu Orang Lain

Dengan membantu orang lain, Anda akan merasa lebih baik dan lebih berguna keberadaannya. Berbuat baik juga akan berbalik kepada diri kita sendiri. Maka dari itu, perbanyaklah untuk menebar kebaikan agar kesehatan mental kita tetap terjaga.

Dan masih banyak lagi poin yang bisa Sahabat Zakat lakukan untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri. Hal yang paling penting adalah ingat Allah dengan berdzikir, karena hanya dengan mengingat Allah lah hati akan menjadi tentram.