WARGA ICD KADIPIRO PENUHI URBAN FARMING DENGAN TANAMAN BUAH TIN

WARGA ICD KADIPIRO PENUHI URBAN FARMING DENGAN TANAMAN BUAH TINSOLO. Pada hari Selasa (03/11) lalu, RZ bersama warga ICD Kadipiro melaksanakan perawatan tanaman Buah Tin yang ditanam di wilayah urban farming. Kegiatan dilaksanakan di halaman rumah Bapak Kristanto dan halaman rumah Bapak Yudo yang merupakan pengurus Bank Sampah binaan RZ di Tegal Asri Rt 05 Rw 22 Kel Kadipiro Kec. Banjarsari.

“Tanaman Buah Tin yang sekarang dibudidayakan oleh warga Tegal Asri sudah mulai berbuah. Karenanya, tanaman ini tengah membutuhkan perawatan yang serius,” ucap Eko Prasetyono selaku ICD Fasilitator RZ.

Diadakannya kegiatan urban farming ini bertujuan melatih warga yang menjadi nasabah bank sampah agar semakin termotivasi dalam melakukan aktivitas pilah sampah dari rumah masing-masing. Harapannya dengan warga memisahkan sampah basah nantinya bisa digunakan sebagai pupuk alami yang bagus untuk tanaman.

Selain itu juga, warga menjadi menjadi semakin paham bahwa ternyata kegiatan urban farming dapat bernilai ekonomi yang tinggi ketika dikelola dengan baik. Efek yang lain adalah buah tin ini ada dalam Al Qur’an sehingga dari sisi manfaat tentunya sangat besar sekali.

“Dengan bantuan RZ ibu-ibu dan bapak-bapak mempunyai kegiatan positif seperti membuat kerajian dari sampah plastik, dan bapak-bapak bisa bercocok tanam tanaman yang memiliki nilai manfaat tinggi, seperti buah tin, sayuran, lidah buaya dan yang lainnya,” pungkas Kristanto salah (50 th) salah seorang warga ICD Kadipiro.***

Newsroom/Yosef
Solo

Tags :
Konfirmasi Donasi