WASPADAI BAHAYA ISPA, RZ SEBAR 2850 MASKER BAGI PENGGUNA JALANREDUCING THE DANGERS OF ARI, RZ DISTRIBUTES 2.850 MASKS TO ROAD USERS

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. RZ Cabang Kota Palembang berbagi masker kepada seluruh pengguna jalan pagi ini (29/9) di Jl. Basuki Rahmat, simpang Polda palembang. Kabut asap yang sudah 14 hari terakhir ini melanda membuat Virus dan bakteri menyerang para pengguna jalan dan masyarakat. Bukan hanya asap, abu pun saat ini sudah mulai mengguyuri kota Palembang. Tidak hanya sekedar membagikan masker, tim relawan RZ juga membagika brosur kesehatan mengenai bahaya ISPA.

ISPA atau Inveksi Saluran Pernafasan Akut merupakan kondisi darurat, jika mencurigai terjadinya serangan ISPA segerakanlah mencari bantuan medis. Karena kondisi ini berpotensi adanya penularan dari orang yang satu ke orang yang lainnya. Terlebih pada anak-anak yang system kekebalan tubuhnya belum terbentuk sempurna sehingga mudah terserang ISPA.

Ada beberapa gejala yang muncul akibat ISPA, terutama pada hdung dan paru-paru. Beberapa gejala itu adalah, hidung tersumbat, paru-paru terasa sesak, batuk-batuk dan tenggorokan terasa sakit, sering merasa kelelahan dan pegal-pegal atau tubuh terasa sakit. Namun bila ISPA bertambah parah maka gejala yang serius yang akan muncul adalah, kesulitan bernafas, demam tinggi dan menggigil, tingkat oksigen dalam darah rendah dan kesadaran yang menurun dan bahkan pingsan.

Ada 3 mikroorganisme yang menjadi penyebab munculnya ISPA yaitu Adenovirus, yaitu gangguan pernafasan seperti pilek, Rhinovirus yaitu jenis virus yang menyebabkan pilek tapi pada anak kecil dan orang yang memiliki system kekebalan tubuh yang lemah, dan Pneumokokus yaitu jenis bakteri yang menyebabkan meningitis.

Ada beberapa cara untuk mewaspadai ISPA yaitu mencuci tangan secara teratur, hindari merokok, perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin terutama vitamin C, ketika bersin pastikan anda menutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau sapu tangan, dan memakai masker pelindung bakteri.

Dalam berbagi masker kali ini ada satu relawan pekan berbagi senyum ikut serta untuk membagikan masker kepada pengguna jalan. “Alhamdulillah saya sangat senang dan bahagia bisa ikut serta dalam pekan berbagi kali ini, semoga bisa bermanfaat dan selalu semangat untuk kita semua,” Ujar Tutri Yuliza (25). Saat di kunjungi seusai berbagi masker.***

Newsroom/Arlina
Palembang

RZ LDKO CilegonPALEMBANG. RZ collaborated with CSF, Free Maternity Clinic team and RZ Volunteer, to distribute 2.850 pieces of mask in some areas around the junction of Palembang Regional Police Department for free.

These masks were distributed to help local citizens and road users from air pollution that has hit palembang during the last 2 weeks. The pollution was caused by the wild fire disaster that hit forests in Riau.

“As a social organization that concerns toward health issue, RZ has an obligation to help the local people from adverse effects caused by air pollution lately,” Al Razi Izzatul Yazid, a coordinator of the action, said.

One of the beneficiaries of the action said that it really helpful since many people do not really care about the dangerous circumstance in Palembang. ***

Newsroom/Arlina
Palembang

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia