WORKSHOP MENCEGAH KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK

BEKASI. Setiap orang tua pasti merasa ngeri mendengar kasus pelecehan seksual pada anak-anak. Apalagi jika melihat pelakunya adalah orang-orang dari lingkungan terdekat; tetangga atau teman bermain si kecil. Bukan sekali dua kali kita mendengar bocah balita dinodai oleh anak-anak usia SD.

Keadaan ini juga diperparah dengan lemahnya perlindungan terhadap masyarakat. Aparat keamanan yang semestinya menjaga masyarakat, justru jarang terlihat mengamankan masyarakat, khususnya di kawasan pemukiman termasuk di kampung-kampung. Hal ini menyebabkan masyarakat harus berswadaya menjaga keamanan diri mereka sendiri. Kepedulian terhadap masalah anak-anak ini harus menjadi konsen semua pihak. Hal ini menjadi perhatian Rumah Zakat cabang Bekasi. Mealui Member Relationship Officer Ira Fitri, pada Sabtu (30/7) bersama Rumah Parenting Bekasi mengadakan workshop dengan tema “Mencegah Kekerasan Seksual pada Anak.”

”Awal Ramadhan harus menjadi momentum perubahan dalam mengasuh buah hati”, kata Ibu Winawaty K, sebagai pembicara. Beliau juga menyampaikan tentang bagaimana cara-cara berkomunikasi yang baik terhadap anak. Orang tua bisa menyampaikan bahwa tubuh ananknya sangat berharga, sehingga hanya orang-orang tertentu yang dapat menyentuhnya.

Sejak dini, anak-anak juga perlu dikenalkan tentang perbedaan antara orang asing, kenalan, teman, sahabat, dan kerabat Acara yang diselenggarakan di Masjid Al Ghufron, Perumahan Margahayu Bekasi, dihadiri 40 ibu-ibu binaan wilayah ICD Bekasi Timur. Pada akhir sesi diadakan penyampaian kritik dan saran. Salah satu peserta Yulia menyampaikan bahwa materi yang disampaikan membuka wawasan, dalam mengasuh anaknya dengan lebih baik dan harapannya adalah bahwa acara ini dapat diselenggarakan setiap bulannya secara berkelanjutan. ***

Newsroom/
Ira Fitria Yusuf

Bekasi

Tags :
Konfirmasi Donasi