WZF 2020 : PULIHKAN EKONOMI DI MASA PANDEMI

Rumah Zakat tampil sebagai salah satu pengisi acara dalam konferensi World Zakat Forum yang diwakili oleh Irvan Nugraha selaku Chief Marketing Officer (CMO).

RUMAH ZAKAT – Rumah Zakat menjadi salah satu lembaga zakat yang hadir dalam acara Konferensi Internasional World Zakat Forum (WZF) 2020 yang digelar secara daring pada Senin (30/11) dan Selasa (1/12).

Acara yang dilaksanakan selama 2 hari itu mengusung tema utama : “Post Covid-19 Economic Recovery: The Role of World Zakat Forum” (Pemulihan Ekonomi Pasca Covid-19 : Peran World Zakat Forum).

Adapun sub tema yang dibahas dalam konferensi kali ini meliputi : peran World Zakat Forum dalam pemulihan ekonomi pasca Covid-19, aktivasi ekonomi global pascaCovid-19: adopsi teknologi dalam penyelenggaraan zakat, langkah ke depan dalam memperkuat Forum Zakat Dunia, dan terakhir praktik terbaik pengelolaan zakat di tengah pandemi.

Selain itu, dalam acara ini juga disepakati delapan resolusi yang sudah bersama antara lain :

  1. Mengimbau seluruh anggota WZF untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah dan pemangku kepentingan strategis lainnya guna memitigasi dampak sosial ekonomi pandemi Covid-19 melalui optimalisasi instrumen zakat.
  2. Mengajak seluruh anggota WZF untuk mengoptimalkan platform digital dan teknologi terkini dalam melakukan ajakan, penghitungan, penghimpunan, dan penyaluran dana zakat di masing-masing negara anggota.
  3. Mendesak seluruh negara anggota untuk kembali memfokuskan program penyaluran zakat guna memulihkan perekonomian masyarakat yang terkena pandemi Covid-19.
  4. Sekretaris Jenderal dan Wakil Sekretaris Jenderal WZF akan menyusun rencana aksi untuk merealisasikan resolusi terkait penanganan dampak pandemi Covid-19 bagi mustahik global melalui distribusi dan pemberdayaan zakat yang tepat.
  5. Mempertimbangkan perkembangan vaksin Covid-19 di seluruh dunia, semua negara anggota didorong untuk mendukung pemerintahnya masing-masing dalam melaksanakan program vaksin Covid-19 halal untuk memberantas pandemi Covid-19.
  6. Terkait usulan sektor wakaf yakni lembaga wakaf terintegrasi menjadi anggota WZF, Forum sepakat untuk memasukkan lembaga wakaf menjadi anggota WZ efektif mulai tahun 2021. Sehingga Forum Zakat Dunia dapat diperluas ke Forum Zakat dan Wakaf Dunia.
  7. Menyadari pentingnya peran pemuda sebagai masa depan gerakan zakat global, Forum sepakat untuk menyetujui pembentukan WZF Youth sebagai anak lembaga dari Forum WZF.
  8. Mempertimbangkan urgensi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang memberikan arahan tepat bagi gerakan zakat global, Forum juga sepakat untuk menyetujui pembentukan WZF Research sebagai anak lembaga dari Forum WZF.

Rumah Zakat pun tampil sebagai salah satu pengisi acara dalam konferensi tersebut yang diwakili oleh Irvan Nugraha selaku Chief Marketing Officer (CMO).

“Rumah Zakat memiliki tiga prinsip dalam mengelola organisasi dalam situasi krisis, salah satunya Rumah Zakat harus terus bertahan guna melanjutkan kontribusi organisasi dan program,”

Selain itu, Irvan juga mengatakan dalam merespon pandemi Covid, Rumah Zakat mengusung campaign #BersamaHadapiCorona yang berfokus pada aspek sosial, ekonomi dan makanan

Newsroom

Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia