Zakat tabungan adalah salah satu kewajiban seorang muslim untuk menunaikan zakat atas harta atau uang yang disimpan di dalam tabungan saat sudah memenuhi nishab. Zakat tabungan sendiri merupakan salah satu jenis zakat yang harus ditunaikan apabila sudah mencapai nishab.

Berdasarkan aturan yang ada, setiap Muslim diwajibkan mengeluarkan zakat tabungan apabila tabungannya sudah mencapai satu tahun dan nilainya setara dengan 85 gram emas.

Lalu, bagaimanakah cara untuk menghitung zakat tabungan? Agar kita bisa lebih memahami perihal ketentuan atau cara menghitung zakat tabungan, maka terlebih dahulu kita harus tau tata cara untuk menghitung zakat tabungan yang akan kita keluarkan apabila sudah mencapai nishab.

Menurut beberapa ulama, untuk menghitung zakat tabungan bisa dilakukan ketika lama tabungan sudah mencapai satu tahun. Jadi, kita hanya tinggal melihat saldo awal dan saldo akhirnya saja. Kemudian zakat yang dikeluarkan sebesar 2,5%. Kalau kamu mendapatkan bunga, sebaiknya bunga tersebut jangan dihitung.

Baca Juga: Nishob Zakat Emas

Oleh sebab itu, sebelum kita melanjutkan ke bagian perhitungan zakat tabungan, alangkah lebih baiknya kita harus memahami terlebih dahulu besaran nishab (harta minimal) yang ditentukan dalam zakat. Pasalnya, nilai nishab emas, perak, dan uang berbeda-beda.

  • Nishab emas menurut perhitungan yakni sebesar 20 dinar atau setara dengan 85 gram emas murni.
  • Nishab perak sebesar 200 dirham atau setara dengan 672 gram perak.
  • Nishab uang mengikuti jumlah nishab emas yang harganya sudah disesuaikan, yakni sekitar Rp79,3 juta yang setara dengan harga 85 gram emas (mengikuti harga emas sekarang yakni Rp934 ribu per gramnya) (sumber: lifepal)

Cara Menghitung Zakat Tabungan :

Saldo akhir : saldo akhir – Bagi hasil/bunga

Besarnya zakat : 2,5 % x saldo akhir

Salah satu hikmah menunaikan zakat adalah memelihara harta agar menjadi bersih, berkah dan berkembang. Menunaikan zakat juga berarti kita peduli terhadap sesama.

Yuk segera hitung tabunganmu dan tunaikan zakatnya, agar semakin berkah harta yang kita miliki.

klik : bit.ly/zakatinaja