ZAKAT BONUS DAN ZAKAT BERBENTUK BARANG

Assalamu ‘alaikum wr. wb.

Ustadz Kardita saya punya pertanyaan:
1. Saya sudah menunaikan zakat profesi tiap bulan, tapi saya juga suka mendapat bonus. Apakah harus tetap membayar zakat? Bagaimana perhitungannya?

2. Bolehkan zakat maal/zakat profesi yang saya keluarkan tiap bulan, berupa bahan makanan (minyak goreng, gula, mentega, sirup atau susu dengan harga sesuai zakat yang biasanya saya keluarkan berupa uang?

Ifah Bandung

Jawaban:

Sobat Ifah yang dimuliakan Allah swt, alhamdulillah  kalau saudari sudah mampu menunaikan zakat profesi setiap bulannya dan ini merupakan hal yang patut disyukuri. Berkaitan dengan bonus yang saudari dapatkan merupakan sumber dana yang wajib dikeluarkan juga zakatnya.

Menurut pendapat Prof. DR. Yusuf  al-Qardhawi: apabila bonus itu terkait dengan gaji, misalnya: bonus akhir tahun dll,  maka ketentuannya sama dengan zakat profesi dan dikeluarkan pada saat menerima dengan kadar zakat 2,5%. Misalnya Pak Amir mendapatkan bonus akhir tahun sebesar Rp. 5.000.000 (satu kali gaji) maka zakat bonus yang harus dikeluarkan yaitu: Rp. 5.000.000 x 2,5% = Rp. 125.000,-

Sobat Ifah, sedangkan untuk pertanyaan kedua,  dalam hal ini para ulama membolehkan mengeluarkan zakat dalam bentuk barang/sembako atau pakaian jika memang sangat dibutuhkan oleh mustahik. Jika mereka memang lebih membutuhkan sembako misalnya, maka saudari boleh memberi zakat dalam bentuk sembako. Khususnya jika dikhawatirkan apabila diberikan dalam bentuk uang akan dibelanjakan pada tempat yang tidak benar. Ada riwayat dari seorang shahabat Muadz ibn Jabal, ketika pulang ke Madinah (Beliau diutus oleh Rasulullah saw ke Yaman untuk da’wah, menarik zakat, dan memimpin di sana), ketika pulang ke Madinah di zaman Khalifah Umar bin Khaththab, beliau meminta kepada para wajib zakat agar membayar zakat kepadanya (statusnya amil) dalam bentuk pakaian dan uang tunai karena lebih dibutuhkan oleh penduduk Muhajirin di Madinah.Mujdah-mudahan penjelasannya bermanfaat.

Wallahu a’lam bi ash-shawwab

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia