ZAKAT EMAS

Assalamualaikum wr wb.

Ustadz, saya mau tanya tentang zakat emas. bagaimana cara perhitungan zakat emas? dihitung dari harga awal pembelian atau menyesuaikan dengan harga yang sekarang? Terima kasih.

Jawaban:
Sobat  Zakat yang dirahmati Allah swt, sebelumnya secara sekilas saya ingin menjelaskan tentang zakat emas terlebih dahulu. Pengertian zakat emas adalah zakat yang wajib dikeluarkan atas batang emas atau uang emas atau barang-barang emas atau perhiasan emas wanita yang lebih dari kewajaran, yang telah mencapai haul dan nishabnya. Dalil yang menyatakan kewajibannya bersumber dari Al-Qur’an (QS. 9:35),

Hadits Nabi saw (Tidak ada seorangpun yang mempunyai emas dan perak yang dia tidak berikan zakatnya, melainkan pada hari kiamat dijadikan hartanya itu beberapa keping api neraka dan disetrikakan pada punggung dan jidatnya.(HR. Muslim)), dan ijma ulama.

Yang dimaksud dengan haul zakat emas yaitu sudah dimiliki atau disimpannya emas tersebut selama setahun oleh pemiliknya berdasarkan perhitungan tahun Qamariah (mis: 1 Muharram 1432 H sampai 1 Muharram 1433 H). Sedangkan Nishab zakat emas sebesar 20 dinar (1 dinar= 4,25 gr; 20 x 4,25 gr= 85 gr emas) sebagaimana hadits Nabi saw:

“…Tidak ada kewajiban atasmu mengeluarkan zakat emas sehingga kamu memiliki 20 dinar. Apabila kamu memiliki emas sebanyak 20 dinar dan telah berjalan satu tahun maka zakatnya dikeluarkan sebesar setengah dinar” (HR. Abu Dawud dan al-Baihaqi). Hadits ini pun menjelaskan tentang kadar zakat yaitu sebesar setengah dinar (2,5%).

Sobat Zakat yang budiman, dari keterangan di atas kita bisa menghitung zakat emas dengan perhitungan sederhana, yaitu: 2,5 % x emas yang dimiliki atau nilai harga emas yang dimiliki. Perlu diketahui bahwa kita boleh mengeluarkan zakat emas berupa bendanya (emas) atau nilainya. Untuk lebih memperjelas cara perhitungannya, contoh berikut ini bisa lebih membantu:

Amir memiliki simpanan emas seberat 100 gr dan sudah melebihi 1 tahun, (mis: 1 gr @ Rp. 400.000), maka zakat yang harus dikeluarkan: 2,5 % x 100 gr = 2,5 gr atau setara 2,5 % x Rp. 400.000 x 100 gr =  Rp. 1.000.000)

Perlu diketahui juga bahwa perhitungan zakat emas dilakukan menggunakan perhitungan harga emas ketika muzakki mengeluarkan zakatnya (harga sekarang), bukan berdasarkan harga awal pembelian sebagaimana dikutip oleh Prof. DR. Wahbah Zuhaili:

“..menyesuaikan dengan harga pertukaran emas pada setiap tahun di negara tempat muzakki sewaktu mengeluarkan zakat…” (Al-Fiqh al-Islami wa Adilatuha, juz 2, hal. 760). Mudah-mudahan penjelasannya bermanfaat.

Wallahu a’lam bi ash-shawab

Tags :
Konfirmasi Donasi