ZAKAT FITRAH UNTUK SENYUM DU’AFA DI PEMEKASAN

Rumah Zakat salurkan Zakat Fitrah kepada fakir miskin di daerah Pamekasan yang terdampak Covid-19, Minggu (17/5). (Foto: Rumah Zakat)

PAMEKASAN, RUMAH ZAKAT – Tim Rumah Zakat telah menyalurkan dana Zakat Fitrah kepada masyarakat fakir miskin yang juga terdampak wabah Covid-19.

Sekitar 20 orang telah menerima bantuan Zakat Fitrah dari para donatur yang sudah menunaikan Zakat Fitrahnya dibulan Ramadhan ini kepada Rumah Zakat. Adapun penyaluran Zakat Fitrah ini dilakukan ke beberapap orang yang tersebar di beberapa desa di Kabupaten Pamekasan.

Salah satu warga penerima manfaat diantaranya adalah Maryati seorang pedagang rujak dan kelontongan, Mustamin si Pengayuh Becak yang nyambi sebagai pembantu serta Hayani seorang Pemulung.

Maryati mengatakan sejak wabah corona datang, dagangannya menjadi sepi sehingga diapun jarang jualan karena takut terkena virus.

“Saya pedagang rujak dan kelontongan, sejak ada corona dagangan saya jadi sepi, dan dagangan kelotongan juga jarang saya isi karena saya jarang keluar untuk kulakan, takut virus,” Kata Maryati, Minggu (17/5).

Hal senanda juga diungkapkan oleh Hayani, seorang pemulung yang tinggal di Parteker Pamekasan. Menurutnya, semenjak corona datang sudah jarang orang yang meminta bantuan darinya.

“sebelum adanya corona biasanya selain saya jadi pemelung saya sering diminta bantuan untuk mencucikan baju dan bersih-bersih di rumah orang, namun sekarang tidak lagi, hanya cari barang rongsokan yang bisa saya lakukan,” ungkapnya.

Begitu juga Mustamin orang Desa Plakpak yang mengais rezeki  sebagai pengayuh becak.

“Sekarang sangat sepi yang mau numpang becak saya, semenjak adanya corona,” ucapnya

Dalam kondisi yang tidak menentu, mereka tetap semangat mencari nafkah demi bertahan hidup. Walau terkadang penghasilan mereka tidak mencukupi kebetuhan secara keseluruhan, namun tetap mereka syukuri dan terus berikhtiar.

Merekapun begitu senang ketika mendapatkan bantuan Zakat Fitrah yang disalurkan oleh Rumah Zakat. seperti ada harapan baru di tengah kesulitan yang mereka dapatkan.

“Terima kasih Rumah Zakat, saya sangat beterima kasih, atas pemebriannya,” ucap Hayani sambil menangis haru dengan wajah merah berkeringat seharian berjalan mencari rizki di tumpukan sampah.

Newsroom

Lailatul Istikhomah/Amri Rusdiana

Tags :
Konfirmasi Donasi
id_IDBahasa Indonesia
en_USEnglish id_IDBahasa Indonesia