ZAKAT TAHUNAN

news20111110133400ZAKAT_openerAssalamualaikum Ustadz,

Apa itu zakat akhir tahun? Apakah zakat tahunan itu selalu diasumsikan dengan 12 masehi, jika demikian bukankah bisa dilaksanakan di bulan apapun dengan akumulasi 12 bulan sebelumnya?

Zalfa, Medan

Jawaban:

Sobat Zalfa yang dirahmati Allah SWT, dalam terminologi perzakatan sebenarnya tidak ada yang dinamakan zakat akhir tahun atau zakat tahunan.  Akan tetapi lebih kepada siklus pengeluaran zakat tersebut, apakah dikeluarkan setiap setahun sekali (haul) atau sebulan sekali atau setiap mendapatkan hasilnya, dan lain-lain.

Zakat yang siklusnya setahun sekali perhitungannya lebih tepat menggunakan tahun hijriyah daripada menggunakan tahun masehi. Setelah harta kita tersimpan selama satu tahun hijriyah (haul) dan memenuhi nishab maka kita diwajibkan mengeluarkan zakat dari seluruh harta kita. Memang waktu pengeluaran zakat tahunan tidak harus di bulan tertentu, akan tetapi  dapat dilakukan di bulan apapun dengan syarat harta simpanannya sudah terakumulasi 12 bulan sebelumnya. Ketika sudah genap mencapai 12 bulan maka sangat dianjurkan untuk segera mengeluarkannya dan jangan menunda-menunda dalam menunaikannya.

Harta yang dikeluarkan zakatnya pertahun antara lain: tabungan yang kita miliki di bank yang sudah mengendap selama satu tahun; emas, perak, dan logam mulia lainnya yang sudah tersimpan selama satu tahun; perhiasan emas dan perak yang lebih dari kewajaran yang tersimpan selama satu tahun; zakat profesi yang belum dikeluarkan setiap kali menerimanya dan dikumpulkan selama satu tahun; harta hasil perdagangan yang telah berjalan selama satu tahun; harta hasil investasi surat-surat berharga atau aset.

Mudah-mudahan penjelasannya bermanfaat. Wallahu a’lam bishshawwab.

Tags :
Konfirmasi Donasi