ZAKAT UNTUK SAUDARA KANDUNG

Assalamualaikum Wr Wb. Ustazd apa boleh memberikan zakat maal kepada saudara kandung kita yg sudah janda dan mempunyai anak? Bagaimana hukumnya? Terima kasih.

Waalaikumsalam wr wb. Saudara Mahmud, zakat dapat diberikan kepada yang berhak menerimanya dari kedelapan kelompok yang disebut dalam Alquran surat at-Taubah [6]:90 yaitu untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin, pengurus-pengurus zakat, para mualaf yang dibujuk hatinya, untuk (memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.

Siapapun di antara yang bukan merupakan tanggungan wajib zakat, maka ia termasuk yang berhak menerima zakat. Saudara kandung tidak termasuk salah seorang yang wajib ditanggung kebutuhan hidupnya oleh saudara kandungnya, maka atas dasar itu boleh-boleh saja seorang saudara memberi zakatnya kepada saudaranya yang keadaan atau sifatnya dicakup oleh salah satu dari ke-8 kelompok tersbut di atas.

Di sisi lain dapat dikatakan bahwa memberikan bantuan kepada keluarga termasuk saudara kandung lebih baik daripada memberi kepada orang lain yang bukan kerabat. Al Aqrabun Aula bil Ma’ruif (kerabat lebih utama untuk diberi bantuan, demikian sabda Nabi SAW. Seandainya semua yang berkemampuan memberi perhatian kepada kerabatnya terlebih dahulu, niscaya akan sangat sedikit orang-orang yang butuh. Demikian Wa Allah A’lam

 

Image: http://maramissetiawan.wordpress.com/2010/08/29/cara-menghitung-zakat-mal/

Tags :
Konfirmasi Donasi