AKSI SIAGA SEHAT SOLO LIBATKAN PUSKESMAS DAN PMI

SOLO. Rumah Zakat Solo  menyelenggarakan Aksi Siaga Sehat, bagi warga Desa Danukusuman Kecamatan Serengan Surakarta, Ahad (20/3). Dalam Aksi ini sebanyak 102 penerima manfaat mendapatkan layanan kesehatan gratis, terdiri dari pemeriksaan tekanan darah, berat dan tinggi badan. Tim yang diturunkan terdiri dari 3 dokter, 2 asisten dokter dan 5 apoteker. Kegiatan ini merupakan kerjasama  PMI dan Karang Taruna setempat. Program donor darah pun turut memeriahkan acara.

Farida Umi dari Rumah Zakat Solo mengungkapkan, bahwa kegiatan ini menjadi ajang sinergi bersama antara Rumah Zakat, Pemerintah melalui Puskesmas serta lembaga sosial lainnya seperti PMI. Tak hanya itu, upaya pencegahan dengan melakukan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), juga gencar dilakukan Rumah Zakat.

Bekerjasama dengan Puskesmas setempat, penyuluhan dihadiri oleh 60 warga. Mereka tampak antusias menyimak materi. untuk memeriahkan acara, digelar lomba kebersihan yang diikuti lebih dari 40 anak usia SD. Lomba yang diadakan berupa memisahkan sampah organik dengan anorganik, lomba mencuci tangan dengan baik dan benar. Selain itu pembagian stiker PHBS dan sabun cuci tangan menjadi salah satu upaya mengingatkan warga akan pentingnya kebersihan.

Parjono, salahsatu pasien yang menderita diabetes mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat beranfaat bagi warga kurang mampu seperti dirinya. “Terimakasih Ruma Zakat, sangat bermanfaat sekali. Kalau boleh mengusulkan, diadakan juga tes gula darah gratis,” ujar Parjono. Senada denga Parjono, Yeni salah satu warga Danukusuman juga mengharapkan agar kegiatan ini bisa diselenggarakan rutin bagi warga disekitar rumah tinggalnya. ***

Newsroom/ Muhammad Zahron
Solo

Tags :
Donation Confirmation