ALASAN MENGAPA TUTUP HIDUNG SAAT BERSIN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

bersinAnda pasti sering mendengar tentang keharusan menutup mulut saat sedang bersin atau batuk. Tindakan ini harus dilakukan agar kuman dari mulut tidak menyebar kemana-mana. Bahkan, dari penelitian terbaru disebutkan, meskipun sudah ditutup, kuman masih bisa menyebar dari mulut Anda.

Dilansir womenshelathmag.com, saat bersin, bakteri ternyata dapat menyebar lebih jauh dari yang Anda pikirkan selama ini. Sebuah penelitian di Massachusetts Institute of Technology menunjukkan bahwa bakteri dalam ukuran kecil yang keluar dari mulut saat Anda bersin dapat mencapai jarak yang sangat jauh, lebih jauh dari pada yang berukuran lebih besar.

Bakteri yang dikeluarkan saat bersin memiliki ukuran sekitar 1-900 mikrometer. Bakteri dalam ukuran kecil dapat menyebar hingga 4 meter dari Anda! Sedangkan bakteri yang lebih besar umumnya dapat menjangkau area 2 meter di sekitar Anda.

Karena itu, sangat penting untuk menutup mulut saat Anda bersin atau batuk. Meskipun tidak dapat mencegah 100% penyebaran bakteri, namun tindakan ini sangat efektif, terutama untuk bakteri berukuran besar.

Anda tidak perlu panik jika ada orang bersin di ruangan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah mencuci tangan secara rutin dan menjaga kesehatan serta ketahanan tubuh Anda.

Sumber: liniberita.com

Tags :
Donation Confirmation