BERDAYAKAN BU SUPARMI PENGRAJIN BATIK DI KEDIRI

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

KEDIRI. Sabtu pagi (16/2), fasilitator Rumah Zakat Desa Berdaya mengunjungi rumah ibu Suparmi yang berada di Desa Berdaya Ngadiluwih, Kediri untuk melakukan kunjungan rutin serta menyaksikan proses produksi batik tulis yang telah lama ditekuninya.

hari itu menjadi hari yang tidak disangka-sangka bagi Ibu Suparmi pasalnya Fasilitator Desa Berdaya, Ihwan Mujahid selain melakukan kunjungan juga menyerahkan bantuan modal usaha. Tujuannya agar bu suparmi bisa mengembangkan kerajian batik tulisnya.

Tak hanya itu, Ihwan Mujahid juga menyerahkan desain batik sebagai daya tarik dalam memasarkan produk khususnya melalui media maya, baik media sosial maupun market place. Desain-desain yang diserahkan sangat menarik karena mampu menampilkan produk yang elegan sekaligus praktis, dimana sebelumnya hanya dipasarkan secara manual ke pedagang maupun ketika ada pesanan dari seseorang.

Pemberian Modal Usaha serta penguatan produk berupa desain batik ini merupakan bagian dari tahapan pendampingan yang dilakukan oleh Rumah Zakat melalui Fasilitator Desa Berdaya.

Ibu Suparmi adalah janda sebagai tulang punggung keluarga setelah ditinggal suaminya, mempunyai tanggungan anak dan ibunya yang sudah tua serta sakit-sakitan dan mengalami kesulitan ekonomi karena terlilit hutang konsumtif untuk memenuhi kebutuhan harian, sehingga seringkali modal usaha terpakai untuk biaya konsumtif harian.
Ibu Suparmi sudah berpuluh tahun menekuni usaha kerajinan batik tulis mewarisi usaha yang sudah dirintis ibunya sejak tahun 80an, namun karena keterbatasan modal dan pasar untuk marketing, akhirnya usahanya belum bisa berkembang.

“Mas pokoke terima kasih banyak karena telah banyak dibantu Rumah Zakat, ngrepotke njenengan terus (Merepotkan). Semoga Allah membalas kebaikan bapak dan ibu yang menyumbang dan Rumah Zakat,” ujar ibu Suparmi, sambil mengusap air mata yang berlinang didampingi Ibu dan anaknya.

Newsroom
Lailatul Istikhomah

Tags :
Donation Confirmation