BERSATU PADU WUJUDKAN EMPOWERING CENTRE RAMAH LINGKUNGAN

PALEMBANG. Rumah Zakat cabang Palembang  menggelar pelatihan pengelolaan sampah organik menjadi pupuk organik di wilayah Integrated Community Development (ICD) Bazma Prabumulih, Rabu (14/9). Kegiatan ini diikuti Seluruh Member Relationship Officer (MRO) cabang Palembang maupun 20 warga binaan sekitar Empowering Centre Bazma Prabumulih, Kelurahan Anak Petai, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih.

Mereka melakukan pelatihan pembuatan pupuk kompos dari limbah rumah tangga. Pelatihan ini dibuka langsung oleh Integrated Community Development Head cabang Palembang Desti Fajarini. Acara ini bekerjasama juga dengan lembaga Pelatihan Pertanian Dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kota Prabumulih.

Kegiatan pelatihan bersama dengan penerima manfaat ini bertujuan untuk mewujudkan Empowering Centre yang Ramah Lingkungan. Sehingga seluruh Empowering Centre di Sumatera Selatan atau cabang Palembang memiliki gerak langkah yang sama dalam mewujudkan program ini.  “Pelatihan ini merupakan langkah awal, selanjutnya akan dilakukan kembali pemanfaatan pupuk kompos organik yang telah dibuat untuk menjadi media tanam bagi tanaman yang bermanfaat seperti sayur mayur dilingkungan sekitar dan rumah-rumah para penerima manfaat,”ungkap Desti Fajarini.

Langkah selanjutnya adalah memanfaatkan limbah-limbah non organik yang dapat disulap menjadi barang berguna. Namun langkah terakhir ini masih berupa wacana karena target kerja tahun 2011-2012 adalah menjadikan limbah rumah tangga menjadi pupuk organik sehingga dapat mewujudkan lingkungan sekitar menjadi hijau.***

Newsroom/Desti Fajarini
Palembang

Tags :
Donation Confirmation