BUAH-BUAHAN YANG HANYA BISA TUMBUH DI INDONESIA

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

buah-buahan-yang-hanya-bisa-tumbuh-di-indonesia“Orang bilang tanah kita tanah surga Tongkat kayu dan batu jadi tanaman”

Anda tentu familiar dengan lirik di atas. Ya, itulah sepenggal lirik dari Koes Plus yang menceritakan betapa kayanya negara kita. Bukan bualan jika orang mengatakan tongkat kayu pun bisa menjadi tanaman di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi surganya buah-buahan langka. Bahkan ada beberapa buah yang hanya bisa tumbuh di Indonesia. Penasaran buah apa sajakah itu?

1. Manggis

Akhir-akhir ini buah manggis menjadi primadona dalam dunia perdagangan. Promosi besar-besaran mengenai manfaat manggis membuat buah ini mulai dicari banyak orang. Bukan hanya daging buahnya saja yang bisa dimanfaatkan tetapi Manggis memiliki kandungan antioksidan tertinggi dibanding buah-buahan lainnya.

2. Manau

Buah manau atau buah rotan memiliki rasa asam manis sehingga sangat cocok dijadikan asinan. Jika Anda tertarik mencobanya, datanglah ke Bangka, Belitung, Kalimantan, atau Sumatra karena buah ini hanya tumbuh di tempat-tempat tertentu dan keberadaannya sangat langka.

3. Maritam

Buah maritam mirip dengan buah rambutan botak, tidak berambut. Tekstur kulitnya lebih tebal dan kasar dibanding rambutan. Sayangnya, buah maritam sudah jarang ditemui karena pohon-pohonnya ditebang untuk berbagai kepentingan.

4. Kokosan

Kokosan sering disebut saudara duku yang terlupakan. Buah ini sekilas mirip dengan duku hanya saja ukurannya jauh lebih kecil, kontur kulitnya tipis, agak bergetah, dan susah untuk dikupas. Sehingga buah kokosan lebih nikmat dinikmati dengan cara disedot daging buahnya.

5. Wanyi

Sekilas bentuknya mirip dengan buah kedondong dalam ukuran yang lebih besar, sedangkan kontur daging buahnya lebih mirip mangga sehingga mudah dikupas. Untuk rasanya, wanyi hampir mirip dengan sirsak. Rasanya manis tapi sedikit asam dan getir.

6. Menteng

Sekilas terlihat mirip dengan buah duku tapi warnanya lebih bening. Buah ini sering tertukar dengan buah rambai yang tersebar di hutan Kalimantan, bedanya buah menteng bunga dan buah menteng tumbuh di ujung dahan dan kalah manis dibanding buah rambai.

Sumber: ummi-online.com

Tags :
Donation Confirmation