JAMBU BERBUNGA, PETANI KABUPATEN KUBU RAYA PERSIAPKAN MASA PANEN

Sorry, this entry is only available in English. For the sake of viewer convenience, the content is shown below in the alternative language. You may click the link to switch the active language.

KUBU RAYA, Rabu (04/09). Kemaru dengan panas yang berkepanjangan di Kalimantan Barat telah berakhir ditandai dengan hujan pekan lalu.

Musim kemarau yang lalu membuat Dusun Mega Blora, Kabupaten Kubu Raya, mengalami kekeringan. Beberapa warga mengeluhkan kondisi ini karena kesulitan memenuhi kebutuhan MCK.

Hujan yang turun pekan lalu tak hanya membuat semua orang lega dalam mengatasi masalah krisis air, tak terkecuali badan Rumah Zakat yaitu Ibu Jamiyem, Benni, Dami dan Roman yang merasa tenang karena mereka tidak lagi kesulitan untuk mengairi kebun jambu deli yang mereka kelola.

Tanaman Jambu Air Deli kini sedang berbunga. Bunga yang berkembang  merupakan bakal buah. Dalam waktu tiga bulan kedepan diperkirakan akan memasuki masa panen. Bunga yang berkembang di satu pohon jumlahnya ratusan. Namun untuk memaksimalkan kemanisan buah dan ukuran buah, jumlah bunga yang berkembang nantinya akan diminimalisir. Selama masa bakal buah berkembang, semua pohon akan selalu dikontrol untuk memastikan kesuburan tanah, perkembagan cabang dahan baru dan ketersediaan pupuk dalam kondisi yang baik.

Untuk tahun ini, ini adalah kuartal kedua tanaman Jambu Air Deli berbunga dan menanti masa panennya. Rencananya untuk pada masa penen yang akan datang, petani akan membuka kebun menjadi lokasi agro wisata. Semua berharap, jika bakal buah yang berkembang saat ini dapat menghasilkan buah yang manis dengan ukuran yang besar.

Newsroom

Toip / Hanaa Afifah

Tags :
Donation Confirmation